Pemkot Berharap Ikan Guppy Jadi Branding Baru Kota Yogya

Kuntadi ยท Minggu, 04 November 2018 - 23:45 WIB
Pemkot Berharap Ikan Guppy Jadi Branding Baru Kota Yogya

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Purwadi mengabadikan ikan Guppy usai membuka festival Guppy International 2018 di Pasar Ngasem Yogyakarta, Minggu (4/11/2018). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendukung upaya pengembangkan ikan hias jenis guppy sebagai bagian dari industri kreatif.

Wakil Wali (Wawali) Kota Yogyakarta Heroe Purwadi mengatakan, keberadaan ikan hias itu bisa menjadi bagian branding Kota Yogyakarta.

Menurut Wawali, ikan guppy merupakan salah satu spesies ikan yang sangat mudah dikembangkan. Selain tidak butuh lahan yang luas, ikan tersebut juga bisa hidup di lahan terbatas. Pengembanganya juga sangat mudah dan bisa disilangkan untuk menghasilkan ikan yang cantik dengan warnanya yang elok.

“Ikan guppy ini bisa menjadi bagian industri kreatif, karena harus ada kreativitas dari pehobi (ikan hias),” kata Heroe seusai membuka Guppy International Festival 2018 di Pasar Ngasem Yogyakarta, Sabtu (3/11/2018).

Festival tersebut diikuti lebih dari 10 negara di Asia seperti, China, Taiwan, Singapura, Thailand, Brunei, dan beberapa negara lainnya. Setidaknya ada 10 komunitas Guppy internasional hadir dan 50 komunitas nasional yang ikut menyemarakkan festival Guppy tersebut.

BACA JUGA: Festival Ikan Guppy Internasional Terbesar Digelar di Yogyakarta

Pemkot Yogyakarta, kata Wawali, sangat mendukung usaha ini. Guppy bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung. Jika mungkin ikan ini bisa mengikuti tren seperti beberapa jenis burung dan bunga yang sudah muncul lebih dulu. “Guppy harus menjadi branding Yoyakarta. Kalau mau cari ikan guppy terbaik datanglah ke Yogyakarta,” ucap Heroe.     

Ketua Panitia, Singgih Setiarso, mengatakan ikan guppy ini waranya kecil namun warnanya sangat beragam. Disinilah bagian dari keindahan ikan ini yang banyak diburu para komunitas ikan. “Penilaian lomba lebih kontes proporsional bodi, ekor, kegesitan dan kesehatan, dan warnanya yang cerah.

Menurut dia, kegiatan itu juga untuk lebih memperkenalkan kualitas guppy nasional di kancah international, sekaligus untuk mendorong peningkatan kualitas ikan guppy Indonesia.

Sebab ikan ini sangat mudah dikembangkan dan dibudidayakan. Ikan ini pun bisa disilangkan agar mampu menghasilkan ikan yang waranya lebih menarik. “Kita hadirkan yuri international dengan hasiah total 2.500 dollar Amerika,” tuturnya.

Kejuaraan ini juga untuk mempertemukan breeder nasional dan international. Ditargetkan ajang ini mampu menghasilkan transaksi penjualan hingga Rp500 juta.

 


Editor : Kastolani Marzuki