Pemuda di Sleman Diamankan Polisi usai Gelapkan 23 Mobil Rental

Gunanto Farhan, Kuntadi ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 13:19 WIB
Pemuda di Sleman Diamankan Polisi usai Gelapkan 23 Mobil Rental

Polisi menangkap pelaku penggelapan mobil rental. (Foto: iNews/Gunanto Farhan).

SLEMAN, iNews.id – Polisi menangkap seorang pemuda di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta yang diduga telah menggelapkan 23 mobil rental. Modusnya dengan berpura-pura menyewa kendaraan tersebut, kemudian dijualnya ke luar daerah.

Pelaku, AR (29), diamankan petugas dari Polsek Mlati. Setiap mobil disewa dengan harga Rp400.000 hingga Rp500.000, kemudian dibawa pelaku ke luar daerah.

"Mobil-mobil ini kemudian digadaikan di luar daerah dengan harga Rp25 juta sampai dengan Rp40 juta," kata Kapolsek Mlati, Kompol Yugi Bayu, kepada wartawan di Kabupaten Sleman, DIY, Kamis (13/6/2019).

Pelaku berhasil diamankan ketika para korban melapor ke polisi. Setelah menghimpun informasi, petugas menyelidiki kasusnya. AR akhirnya diamankan di Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) saat berusaha kabur dengan mobil sewaannya.

Dari pengakuannya, kata dia, sedikitnya 23 mobil berbagai merk yang disewa kemudian digadaikan. Bahkan, ada beberapa mobil mewah yang turut dibawa pelaku.

BACA JUGA: Korban Penipuan Properti Bodong di Bandung Bertambah Jadi 500 Orang

"Pelaku awalnya membuat korban percaya kepadanya, setelah itu dia baru melakukan aksi dengan membawa kabur mobil-mobil tersebut," ujar dia.

Seorang korban, Vito Prasetyo, mengaku percaya dengan pelaku karena AR pernah bercerita punya usaha rental mobil. Bahkan, dia pernah mengecek tempat usaha milik pelaku, dan meyakini kendaraannya disewakan untuk rental.

Awalnya, pelaku membayar uang sewa secara tertib. Namun belakangan ini, pelaku justru sulit dihubungi. Uang sewa atas kendaraannya juga tidak dibayarkan.

"Makin lama malah sulit dihubungi, dan ponselnya tidak aktif. Karena itu, dia melapor ke polisi lantaran AR menghilang usai memakai mobilnya," katanya.

Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan. Setidaknya ada tiga unit mobil yang berhasil diamankan petugas sebagai barang bukti.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal