Pengemudi Ganti Ban Mobil Kempes di Kulonprogo, Uang Rp500 Juta Dicuri

Kuntadi ยท Rabu, 20 Maret 2019 - 15:13 WIB
Pengemudi Ganti Ban Mobil Kempes di Kulonprogo, Uang Rp500 Juta Dicuri

Petugas Polres Kulonprogo melakukan olah TKP di mobil milik korban, Rabu (20/3/2019). Korban kehilangan Rp500 juta saat mengganti ban mobilnya yang kempes. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO,iNews.id – Kasus pencurian saat siang bolong terjadi di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (20/3/2019) siang. Korban bernama Kusman (43), warga Dusun Suruhan, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, menderita kerugian sekitar Rp500 juta.

Kasus pencurian ini terjadi di kawasan selatan simpang kereta barat Wates. Saat itu, mobil Mitsubishi Pajero dengan Nopol AB 605 IH berhenti di depan SD Kanisius Wates lantaran kondisi ban kempes. Pengemudi yang keluar langsung mengecek ban belakang kiri yang bocor. Melihat kondisi ini, korban mengeluarkan dongkrak untuk mengganti ban.

Tidak lama berselang, ada seorang laki-laki yang berjalan dari barat ke timur. Lelaki ini berhenti di depan SD Kanisius dan sepertinya menelepon seseorang. Tidak berapa lama, pelaku langsung membuka pintu mobil korban dan mengambil tas. Selanjutnya, ada pengendara sepeda motor datang dan memboncengkan pelaku.

“Pria itu membuka mobil, ambil tas, dan langsung diboncengkan temannya ke arah timur,” kata pedagang yang berjualan di depan SD Kanisius, Sutinah.

BACA JUGA:

Perampokan Modus Pecah Kaca Marak di Sukabumi, Polisi Kejar Pelaku

Mobil Pengangkut Uang Dirampok, Rp3,5 Miliar Raib Dibawa Pelaku

Sutinah mengaku tidak curiga kepada pelaku yang mengambil tas. Dia mengira pelaku sopir pribadi korban. Sutinah kemudian menemui korban yang tengah mengganti ban dan memberitahu ada temannya yang mengambil tas di dalam mobil. “Dia baru tahu kalau ada orang yang ambil tasnya,” ujarnya.

Akibat perbuatan pelaku, korban menderita kerugian sebesar Rp500 juta. Dia baru saja mengambil uang di salah satu bank di Wates. Selain uang, pelaku juga membawa kabur telepon seluler (ponsel) milik korban dan surat-surat lain yang ada di dalam tas. “Katanya ada Rp500 juta yang dicuri dari tas di dalam mobil itu,” ujarnya.

Kasus pencurian dengan modus seperti ini sudah kerap terjadi di beberapa kota. Pelaku kerap telah mengamati calon sasaran ketika mengambil uang di bank. Biasanya, pelaku akan membuntuti korban dan membuat ban kempes. Saat mengganti ban itulah pelaku beraksi.

Sementara itu Humas Polres Kulonprogo AKP Sujarwo mengatakan kasus ini masih dalam penyelidikan. Para penyidik masih meminta keterangan korban. ”Tim buru sergap masih mengejar pelaku,” ujarnya.


Editor : Maria Christina