Perdes Siap, Kepala Desa di Kulonprogo Akan Dilantik Menjadi Lurah

Kuntadi ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 14:14 WIB
Perdes Siap, Kepala Desa di Kulonprogo Akan Dilantik Menjadi Lurah

Ilustrasi. (Foto: SINDOnews)

KULONPROGO, iNews.id – Perubahan nomenklatur dari desa menjadi kalurahan di Kabupaten Kulonprogo, DIY, ditargetkan selesai akhir tahun ini. Saat ini desa masih menyelesaikan penyusunan peraturan desa (perdes) yang melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Target kami paling lambat akhir tahun sudah ada pengukuhan perubahan nomenklatur,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB Darmanto, Selasa (3/12/2019).

Menurutnya, saat ini sejumlah desa telah menyelesaikan penyusun perdes tata naskah kalurahan tersebut. Di mana sebelumnya, Pemkab Kulonprogo telah menyelesaikan penyusunan perda yang diikuti dengan peraturan bupati. Semua nomenklatur ini akan disesuaikan dengan arahan gubernur.

“Kulonprogo ini menjadi pilot project dan kami paling siap,” katanya.

BACA JUGA: Desa di DIY Berubah Jadi Kalurahan, Paniradya: Tak Pengaruhi ADD

Khusus untuk Kelurahan Wates, nantinya akan menyesuaikan dengan jabatan yang ada. Sebab Kelurahan ini dipimpin seorang ASN, sama dengan kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta.

Kepala Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh, Rohmad mengatakan, perdes terkait nomenklatur ini sudah selesai disusun bersama BPD. Isinya mengikuti arahan yang ada di tingkat atas sesuai dengan perda dan juga Pergub DIY. Menyangkut isinya tidak banyak perubahan dan bisa segera diterapkan.

Begitu perdes jadi, lurah akan dilantik bupati. Selanjutnya lurah yang akan melantik carik (sekdes) dan beberapa seksi yang ada di bawahnya.

“Seluruh regulasi yang dikeluarkan desa dan jabatan menyesuaikan perubahan nomenklatur di atasnya,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw