Polda DIY Jadi Tipe A, Ternyata Ini Alasan Kapolri

Kuntadi ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 15:05 WIB
Polda DIY Jadi Tipe A, Ternyata Ini Alasan Kapolri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memukul kentongan menandai kenaikan type A Polda DIY. (Foto: iNews/Kuntadi).

SLEMAN, iNews.id – Polda DIY resmi naik tingkat dari tipe B menjadi tipe A. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kapolri Nomor 1796/XI/2018 tertanggal 17 November.

Secara simbolis pengukuhan kenaikan tipe ini dilakukan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, di Mapolda DIY, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY, Jumat (7/12/2018)

BACA JUGA: Polda DIY dan Banten Naik Jadi Tipe A

Menurut Kapolri, kenaikan tipe ini, tidak lepas dari dinamika pembangunan di wilayah DIY yang cukup pesat. Begitu juga dengan tantangan yang dihadapi terus meningkat.

"Tidak ada bedanya lagi mana batas wilayah DIY maupun Jawa Tengah. Di samping itu mobilitas penduduk sangat tinggi, dengan sarana transportasi, askses jalan, ada di mana-mana," kata Tito di Mapolda DIY, Kabupaten Sleman.

Provinsi ini, kata dia, juga akan segera memiliki bandara baru (New Yogyakarta International Airport/NYIA) yang berada di Kabupaten Kulonprogo. Adanya bandara ini akan meningkatkan mobilitas orang dan barang.

Yogyakarta juga menjadi salah satu pusat wisata yang dikenal dunia, selain Bali. Kemudian sebagai kota pelajar, yang mana jadi incaran para muda-mudi melanjutkan studinya ke tingkat perguruan tinggi.

"Zaman sudah berubah, Yogyakarta bukan hanya metropolitan tetapi sudah menjadi megapolitan," ujarnya.

Maysarakat yang ada di Yogyakarta juga terdiri dari berbagai suku, agama, maupun ras. Tentu saja hal ini akan memunculkan disparitas yang menjadi tantangan tersendiri.

Aksi demonstrasi pun makin marak, serta bervariasi. Kemudian, tindakan kriminal kian naik. Kemacetan menjadi pemandangan rutin harian. Tentunya, masalah keamanan dan ketertiban masyarkat (kamtibmas) bertambah.

"Jadi, perlu diimbangi dengan mekanisme penanganan yang lebih baik. Dalam menciptakan kamtibmas, maka Polda perlu diperkuat menjadi tipe A ini," kata Tito.

BACA JUGA: Polda DIY Catat 373 Kasus Kematian akibat Kecelakaan Sepanjang 2018

Sementara itu, Kapolda DI Yogyakarta Brigjen Ahmad Dofiri menegaskan, pihaknya sudah memiliki cetak biru dan rencana kerja untuk membuktikan bahwa Polda DIY memang layak naik tingkat.

"Semua menjadi perhatian kami. Kamtibmas dan kemacetan semua prioritas," ujar Dofi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal