Polisi Musnahkan Ratusan Petasan, Ada yang Seukuran Ember

Kuntadi ยท Senin, 03 Juni 2019 - 10:57 WIB
Polisi Musnahkan Ratusan Petasan, Ada yang Seukuran Ember

Polisi memusnahkan petasan yang diamankan di JJLS Bantul. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

BANTUL, iNews.id - Polisi mengamankan ratusan petasan berbagai ukuran dalam operasi yang berlangsung beberapa hari terakhir. Sebagian besar petasan tersebut berukuran besar, bahkan hingga sebesar ember.

Ratusan petasan ini disita dari para pemuda yang hendak meledakkannya di sepanjang Jalur Jawa Lintas Selatan (JJLS) di Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY.

"Banyak yang mengeluhkan aktivitas mereka (membakar petasan) di sana," kata Kapolsek Srandakan, Kompol B Muryanto kepada wartawan di Kabupaten Bantul, DIY, Senin (3/6/2019).

Menurut dia, menjelang subuh mereka sudah berdatangan dengan membawa beragam petasan, mulai dari yang kecil hingga besar.

BACA JUGA: Pesta Petasan di Lintas Selatan Bantul, Pemudik Diminta Waspada

"Yang besar-besar jumlahnya 800an, kalau yang kecil-kecil tidak kita hitung," ujar Muryanto.

Polisi sudah beberapa kali merazia warga yang melintas di sekitar JJLS, khususnya di waktu-waktu jelang para pemuda di sana akan meledakkan petasan.

Para remaja ini datang dari beberapa kecamatan di Bantul. Bahkan ada yang dari luar daerah, yakni berasal dari Kabupaten Kulonprogo dan juga Kota Yogyakarta.

"Mereka hanya kita bina di lokasi, meski pelanggarannya berlapis," ujar dia.

BACA JUGA: Petasan Meledak saat Diracik, 1 Orang Luka Parah dan Rumah Hancur di Magelang

Beberapa tempat favorit yang dipakai untuk meledakkan petasan ini berada di sekitar Pantai Pandansimo hingga Pantai Baru dan Pantai Kuwaru.

Beberapa petasan ini ukurannya cukup besar. Ada yang sebesar lengan tangan dewasa, hingga sebesar helm hingga ember.

Ratusan petasan yang diamankan ini kemudian dimusnahkan dengan cara dibuka dan direndam dengan air. Jika disimpan justru dikhawatirkan akan meledak dengan kondisi cuaca yang cukup panas.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal