Polisi Tangkap Komplotan Begal Sadis di Banjarmasin, Pelaku Ternyata Masih Bocah

Deny M Yunus ยท Kamis, 07 November 2019 - 19:55 WIB
Polisi Tangkap Komplotan Begal Sadis di Banjarmasin, Pelaku Ternyata Masih Bocah

Sekelompok anak di bawah umur diamankan polisi atas aksi begal di Kota Banjarmasin. (Foto: iNews/Deny Yunus).

BANJARMASIN, iNews.id - Polisi meringkus sekelompok anak di bawah umur yang melakukan aksi begal di sekitar Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Para pelaku ini dinilai sadis, karena tak segan-segan melukai korban.

Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin, AKP Ade Papa Rihi mengatakan, pengungkapan komplotan begal ini bermula dari penangkapan tiga pelaku oleh jajaran Polsek Banjarmasin Selatan. Mereka yakni, Amrullah (19) dan dua orang rekannya DL (16) dan AT (16).

"Mereka ini pelaku begal terhadap korban atas nama Aulia Saputra di Jalan Lingkar Dalam Selatan pada 29 Oktober lalu," kata Ade kepada wartawan di Mapolres Kota Banjarmasin, Kamis (7/11/2019).

BACA JUGA: Pelaku Begal Tusuk Leher Ojek Online, Modus Berpura-pura Jadi Penumpang

Menurut dia, dalam aksi tersebut, ketiga pelaku menghentikan korban yang melintas dengan sepeda motornya. Tiba-tiba saja, salah satu dari mereka menyerang korban dengan senjata tajam di bagian pelipisnya.

Ketika korban berusaha menyelamatkan diri dan meninggalkan motornya, mereka lalu membawa kabur kendaraan korban. Untuk menghilangkan jejak, mereka lantas membongkar motor korban dan menjual sparepart serta bodi motor secara terpisah.

"Mereka menjual ke penadah. Dan para penadah ini menjual kembali di media sosial (medsos)," ujar dia.

BACA JUGA: Begal Ibu Hamil, Seorang Komplotan Curanmor di Banyuasin Sumsel Ditembak Polisi

Keempat penadah tersebut yakni atas nama Putra dan tiga orang rekannya yang masih di bawa umur, MR, MB dan TD. Mereka pun turut diamankan petugas setelah ketiga pelaku memberikan keterangan lebih lanjut ke polisi.

Masing-masing pelaku dikenakan pasal berbeda sesuai kesalahannya. Sementara mereka yang di bawah umur ditangani oleh jajaran unit PPA Polres Kota Banjarmasin, namun tetap menyesuaikan porsi jeratan pasal yang dikenakan kepada mereka.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal