Polres Bantul Bongkar Pencurian Uang di ATM, Begini Modusnya

Kuntadi ยท Senin, 01 Oktober 2018 - 20:01 WIB
Polres Bantul Bongkar Pencurian Uang di ATM, Begini Modusnya

Wakapolres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo (kanan) menunjukkan barang bukti dan dua tersangka pencurian uang di ATM. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id - Satreskrim Polres Bantul mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang dilakukan kawanan pelaku dengan sasaran mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Dalam aksinya pelaku mencapit uang yang akan keluar dari mesin dan mematikan listrik agar saldo di dalam rekening tidak berkurang.

Dua pelaku yang ditangkap, yakni MS (37) warga Sidomulyo, Wonoasri, Madiun Jawa Timur; dan JS (37) warga Sumberasri, Saradan, Madiun, Jawa Timur.  Sedangkan dua tersangka lain SR dan DN masih dalam buronan.

Kasus ini bermula pada 5 September lalu setelah korban Andri Marwanto selaku pihak ketiga selaku vendor pengelola ATM, mendapatkan laporan dari BRI jika terjadi kerusakan di ATM yang ada di Jalan Parangtritis, Bantul.

Berbekal laporan ini dilakukan pengecekan. Hasilnya ada transakai penarikan senilai Rp1,1 juta yang tidak masuk di dalam transaksi. Atas kondisi ini korban melaporkan kasus ini ke polisi. Berbekal laporan ini petugas melakukan penyelidikan di lapangan.

Dari hasil rekaman CCTV, polisi kemudian berhasil mengidentifikasi para pelaku. Hingga akhirnya dua pelaku berhasil diamankan di Sleman. Dua tersangka lain masih dalam pengejaran. "Ada dua tersangka yang kita amankan dan dua lainnya masih buron," tutur Wakapolres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo di Mapolres Bantul Senin (1/10/2018).

Dalam kasus ini, petugas juga menyita barang bukti berupa kabel, obeng, saklar, dua alat penjapit dan juga ATM milik pelaku. Nominal uang yang dicuri sesuai dengan nilai transaksi maksimal yang ada di mesin ATM. “Para tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Curat dengan ancaman tujuh tahun penjara,” katanya.

BACA JUGA: Pencuri Bermodus Ganjal Mesin ATM dengan Tusuk Gigi Ditangkap Polisi

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Rudi Prabowo menambahkan kasus ini masih dalam pengembangan untuk menangkap dua tersangka lain yang identitasnya sudah diketahui. Dari pengakuan tersangka kasus ini audah dilakukan beberapa kali. Namun di wilayah Bantul baru satu kali di ATM yang berada di SPBU Kretek. "Kita siap koordinasi dengan daerah lain  kalau ada kasus serupa," ujarnya.

Menurut Rudi, para pelaku berbagi peran dalam menjalankan aksinya. Mereka menggunakan mobil untuk memuluskan aksinya. Ada yang sebagai eksekutor dan sebagian mengawasi di luar boks ATM dan ada yang menunggu di dalam mobil.

Seorang tersangka, MS mengaku uang tersbut habis dipakai untuk makan dan jalan-jalan saat berada di DIY. Dia sengaja menyasar mesin ATM karena dirasakan mudah. "Ambilnya mudah. Uangnya habis untuk makan," ucap MS. 

 


Editor : Kastolani Marzuki