Presiden Jokowi Akan Hadiri Resepsi Milad 1 Abad Muallimin-Muallimat

Kuntadi ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 16:57 WIB
Presiden Jokowi Akan Hadiri Resepsi Milad 1 Abad Muallimin-Muallimat

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri resepsi milad Satu Abad Muallimin Muallimat Muhammadiyah di Yogyakarta. (Foto: Dok.iNews.id)

YOGYAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri peringatan Satu Abad Muallimin Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (6/12/2018) pagi. Dalam puncak resepsi itu, Presiden akan berinteraksi dengan para santri.

"Pak Jokowi dalam konteks ini sebagai presiden, bukan calon presiden. Ini yang harus dipahami," kata Direktur Madrqsah Muallimin Muhammaduyah Aly Aulia, Rabu (5/12/2018).

Kehadiran Presiden Jokowi, kata dia, akan menjadi moment sejarah penting bagi Muallimin sebagai madrasah tertua. Hal ini mendapat apresiasi Kepala Negara karena dua madrasah tersebut mampu melewati rentang masa satu abad. Sampai saat ini juga masih eksis dan berkiprah dalam mengemban misi pendidikan dan kemanusiaan.

Dalam pemerintahan Presiden Soekarno sejumpah tokoh pernah berkunjung ke madrasah itu, seperti Wakil Presiden Moh Hatta, Sri Sultan HB IX dan beberapa tokoh lain.

Sejumlah bangunan lama yang berumur hampir seabad masih dipertahankan. Bahkan dalam perkembangannya madrasah ini terus diminati siswa yang berasal dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi Minta GP Ansor Istikamah Menjaga dan Merawat NKRI

Peringatan HUT Korpri ke-47, Ini Pesan Penting Jokowi kepada ASN

Wakil II Direktur Muallimin Alfian Djafar ada berbagai agenda yang dipersiapkan dalam menyambut seabad Muallimin dan Muallimat. Selain resepsi dengan mengundang presiden juga dilaksanakan jalan sehat maupun seminar internasional.

Jalan sehat ini akan diikuti lebih kurang 6.000 peserta dengan doorprize utama berupa tiga sepeda motor dan dua tiket umrah. Hadiah ini dipersembahkan dari alumni, yang akan berkumpul untuk melakukan reuni.

Khusus dalam resepsi milad yang akan dihadiri presiden, tamu undangan akan duduk lesehan. Tidak ada kursi yang dipersiapkan, karena semua undangan dan santri akan duduk lesehan di atas karpet. "Dalam acara ini presiden juga akan menandatangani dan meluncurkan perangko satu abad Muallimin Muallimat," tandasnya.

 


Editor : Kastolani Marzuki