Prihatin Situasi KPK, Pegiat Antikorupsi Gelar Aksi Jalan Mundur di Yogyakarta

Kuntadi ยท Jumat, 13 September 2019 - 16:56 WIB
Prihatin Situasi KPK, Pegiat Antikorupsi Gelar Aksi Jalan Mundur di Yogyakarta

Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) Baharuddin Kamba saat aksi jalan mundur di Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Seorang aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) Baharuddin Kamba melakukan aksi jalan mundur di Kawasan Tugu Pal putih, Yogyakarta, Jumat (13/9/2019). Aksi ini dia gelar sebagai protes terhadap posisi KPK yang dinilainya berada di ujung tanduk.

Dalam aksinya, pegiat antikorupsi ini memakai kain hitam untuk penutup mata dan membawa bendera setengah tiang. Kamba kemudian berjalan mundur dari Tugu Pal Putih sampai ke Utara Halte TransJogja.

“Ini aksi protes kami terhadap kondisi KPK saat ini,” ujarnya di Yogyakarta, Jumat (13/9/2019).

BACA JUGA: Pernyataan Lengkap Jokowi tentang Usulan RUU KPK

Dia mengaku prihatin dengan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah mengirim Surat Presiden (Surpres) kepada DPR perihal pembahasan revisi RUU KPK. Hal ini dirasakan sebagai langkah mundur dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Presiden pernah berjanji memperkuat lembaga antirasuah, tetapi nyatanya ingkar janji dengan pernyataannya,” kata Kamba.

Padahal, saat pansel menyerahkan 10 calon pimpinan KPK, Presiden mengatakan tidak akan buru-buru mengeluarkan surpres kepada DPR. Namun belakangan, ada surpres dan diikuti dengan penetapan ketua. Dia juga mengaku heran dengan sikap Komisi III DPR dengan terpilihnya Irjen Pol Firli Bahuri.

Sementara terkait mundurnya Saut Situmorang, Kamba melihat itu sebagai puncak kekecewaannya. “Kita lihat saja nanti, apakah langkah pengunduran diri ini akan diikuti pimpinan dan pegawai KPK yang lain,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw