PT AP I Yogya Gelar Selamatan untuk Kelancaran Proyek Bandara NYIA

Kuntadi ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 01:19 WIB
PT AP I Yogya Gelar Selamatan untuk Kelancaran Proyek Bandara NYIA

PT PP KSO dan PT AP I Yogyakarta menggelar wayangan dan selamatan untuk kelancaran pembangunan bandara NYIA di Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – PT Pembangunan Perumahan (PP) KSO selaku pelaksana proyek pembangunan bandara baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA), menggelar selamatan di lokasi proyek bandara di Kecamatan Temon, Kulonprogo, DIY.

Acara ini sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas progress pembangunan yang berjalan lancar. Selamatan tersebut juga diramaikan dengan pergelaran wayang semalam suntuk serta tumpengan dan penanaman tiga kepala kerbau.

“Wayangan ini menjadi ungkapa rasa syukur atas amanah untuk menjalankan proyek ini. Disamping untuk melestarikan budaya Jawa yang penuh dengan kearifan lokal,” kata General Manager PT PP KSO, Andek Pratama, Rabu (10/10/2018).

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini dengan menghadirkan dalang Ki Anom Sucondro dari Girimulyo, Kulonprogo yang membawakan lakon Semar Boyong. Dalam rangkaian ini juga dilakukan penanaman tiga kepala kerbau, pemotongan tujuh tumpeng, maupun menanam cincin dan tabur bunga dan koin di lokasi proyek. “Kita berharap proyek bisa semakin lancar dan diberikan keselamatan agar bisa tepat waktu,” ucap Andek.

BACA JUGA: Ada Proyek Bandara NYIA, Pendapatan APBD Kulonprogo Masih Stagnan

Menurutnya progress pembangunan fisik semakin bagus. Sejak dimulai pada bulan Juli lalu, semuanya berjalan lancar.  Pada bulan ini akan dimulai untuk pembangunan landsite untuk perkantoran dan sarana pendukung lainnya.

Andek berharap proses pengurukan lahan  untuk landasan pacu bisa dilakukan selama 24 jam nonstop. Selama ini dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sehingga ketika bisa dilakukan lebih panjang proses pembangunan akan lebih cepat. “Kalau bisa dipercepat, pembangunan akan semakin lancar,”tandasnya.

Project Manager Pembangunan Bandara NYIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi berharap proyek pembangunan bisa berjalan lancar dan baik, dan target operasi April 2019 bisa tercapai.

Saat ini penyempurnaan runway terus dilakukan, sembari membangun landside berupa terminal dan bangunan pendukung lainnya. “Kami masih yakin proyek akan tepat waktu dan di April 2019, sudah bisa beroperasi,” katanya.

Dia mengakui, saat ini ada beberapa kendala kecil di lapangan. Seperti masih adanya warga yang bertahan dan menolak untuk direlokasi. “Kita masih menunggu koordinasi dengan Komnas HAM, terkait warga yang masih bertahan dan merelokasi masjid,” tuturnya.   

Ketua DPRD Kulonprogo, Ahid Nuryati mengapresiasi selamatan yang dilakukan. Kegiatan ini juga menjadi bagian melestarikan budaya Jawa. Apalagi pembangunan bandara ini tidak hanya berdampak fisik, tetapi juga sosio kemasyarakatan.

“Bandara ini harus berdampak kepada masyarakat, bisa menangkap peluang, baik dalam tahap pembangunan hingga operasional nantinya,” ucapnya.

Kehadiran badara diharapkan bisa berkontribusi untuk menaikan anggaran pendapatan daerah. Banyak hal yang bisa dikembangkan, mulai budaya dan pariwisata dengan segala potensi yang ada.

 

 

 


Editor : Kastolani Marzuki