VIDEO

Rawan Longsor, Warga Pilih Mengungsi

Heru Trijoko ยท Selasa, 05 Desember 2017 - 09:54 WIB
Rawan Longsor, Warga Pilih Mengungsi

Rumah yang rusak akibat longsor di wilayah Kampung Jlagran, Kelurahan Pringgokusuman Kecamatan Gedongtengen, Yogyakarta. (Foto: iNews/Heru Trijoko)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sembilan rumah di bantaran Sungai Winongo di wilayah Kampung Jlagran, Kelurahan Pringgokusuman Kecamatan Gedongtengen, Yogyakarta terancam terkena longsor. Sebelumnya pada pekan kemarin sebuah rumah di lokasi tersebut terkena longsor hingga  memakan tiga korban jiwa. Takut terjadi longsor susulan 76 warga terpaksa mengungsi.

Warga mengungsi lantaran kondisi tebing dan tanggul yang mulai retak. Apalagi sejak hujan deras kemarin yang menjadikan tanggul ambrol dan mengubur tiga orang hingga tewas. Mereka ditampung di rumah penduduk yang agak besar dan pos kamling. Warga khawatirlongsor akan terjadi lagi, karena sudah ada retakan baru di samping lokasi tanah longsor.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY bersama dengan DPRD DIY, telah meninjau lokasi. Bahkan saat ini sudah dilakukan pemetaan dan assesment. Pemda DIY diminta membuat penataan kawasan sungai dari Sleman sampai Bantul. Data dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Yogyakarta, ada sekitar 16 titik tangguk longsor. Namun yang paling mendesak untuk segera diatasi ada di tiga titik, yakni di Jlagran, Tegal Panggung dan Kotagede.

 

Video Editor: Kuntadi


Editor : Himas Puspito Putra