Razia Hotel di Sleman, Satpol PP Amankan 6 Pasangan Mesum dan Alat Kontrasepsi

Kuntadi ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 23:30 WIB
Razia Hotel di Sleman, Satpol PP Amankan 6 Pasangan Mesum dan Alat Kontrasepsi

Petugas Satpol PP DIY saat merazia hotel melati di kawasan Condong Catur, Depok, Sleman. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

SLEMAN, iNews.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY mengamankan enam pasangan yang diduga berbuat mesum dalam razia di sejumlah hotel melati.

Razia tersebut digelar untuk mencegah terjadinya praktik prostitusi dan ketertiban selama bulan puasa. Keenam pasangan muda-mudi itu diamankan karena tidak dapat menunjukkan bukti ikatan pernikahan.

Kasi Penegakan dan Penyidikan Satpol PP DIY, Sumantri mengatakan, razia menyasar hotel melati di wilayah Catur Tungal, Depok, Sleman. Dalam razia ini setidaknya ada tiga hotel yang menjadi sasaran penertiban. Hasilnya ada enam pasangan mesum yang terjaring.  

Menurut dia, hotel yang menjadi sasaran razia diduga menjadi transaksi prostitusi online maupun digunakan sebagai tempat menginap bukan pasangan suami istri. “Dari tiga lokasi kita amankan enam pasangan,” kata Sumantri, Selasa (14/5/2019).

BACA JUGA: 12 Wanita Diduga Mesum di Hotel Diamankan Satpol PP Kudus

Keenam pasangan mesum itu kemudian digelandang ke Kantor Satpol PP DIY untuk proses pemberkasan. Mereka akan dikenai sanksi hukum dengan pelanggaran perda.

“Gubernur DIY telah menerbitkan surat edaran No no 6 / SE /4/2019 tertanggal 30 April 2019, yang mengamanatkan Satpol PP sebagai penegak Perda untuk melakukan menertibkan tempat hiburan, penertiban hotel, maupun kos eksklusif,” katanya.   

Dari razia di beberapa hotel melati itu, kata dia, petugas juga menemukan alat konstrasepsi di sejumlah kamar hotel. Sebagian sudah dipakai dan masih adayang tersimpan. “Itu (alat kontrasepsi) akan kita jadikan barang bukti,” tuturnya.

Sumantri menegaskan, razia itu menjadi salah satu upaya untuk menekan kasus kriminal dan penyakit masyarakat. Selama bulan puasa, Satpol PP akan terus melakukan razia untuk meminimalisasi praktik prostitusi online. Selain hotel, Satpol PP juga akan melakukan razia dai rumah kos dan kos eksklusif.


Editor : Kastolani Marzuki