Sambil Bagi Takjil, Polres Bantul Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas

Kuntadi, Trisna Purwoko ยท Rabu, 30 Mei 2018 - 00:33 WIB
Sambil Bagi Takjil, Polres Bantul Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas

Kapolres Bantul, AKBP Sahat Hasibuan membagikan takjil gratis kepada pengguna jalan di Simpang Empat Klodran, Bantul. (Foto: iNews.id)

BANTUL, iNews.id – Momentum Bulan Ramadan dimanfaatkan jajaran Satlantas Polres Bantul sebagai ajang berbagai terhadap sesama. Seperti yang dilakukan Selasa (29/5/2018) di Simpang Empat Klodran, Bantul. Puluhan personel Satlantas berseragam lengkap membagikan takjil kepada pengguna jalan yang tengah berhenti di traffic light Klodran.   

Aksi simpatik ini dilaksanakan petugas Satlantas bersama dengan anggota Bhayangkari. Mereka membagikan takjil untuk berbuka kepada para pengguna jalan yang tengah berhenti. Takjil berupa snack dan makan besar ini diberikan kepada pengguna yang tengah dalam perjalanan menjelang buka puasa. “Ada 300 paket takjil yang kita bagikan kepada pengguna jalan yang berhenti di traffic light,” kata Kapolres Bantul, AKBP Sahat Hasibuan.

Menurut Kapolres, kegiatan sosial ini, sebagai wujud semangat pelayanan dan semangat berbagi kepada sesama. Takjil ini dihimpun dari anggota yang mengumpulkan dana secara iuran sukarela. Hingga akhirnya dari dana yang terkumpul diwujudkan dalam takjil yang dibagikan secara gratis kepada pengguna jalan. “Ini adalah program tahunan yang sudah rutin dilaksanakan,” ucapnya.

Momentum berbagi takjil ini, juga dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi berlalu lintas dan menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Menggunakan pengeras suara, para personel kepolisian memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar berkendaraan secara benar.

Salah satunya melengkapi alat dan kelengkapan dan mematuhi rambu-rambu yang sudah ada. Kerap kecelakaan terjadi lantaran para pengguna jalan yang tidak tertib. “Kami juga mengajak masyarakat untuk mengisi Ramadan dengan kegiatan beribadah tanpa pesta petasan. Selain berbahaya, bunyi petasan juga mengganggu masyarakat,” kata Kapolres.

Menghadapi arus mudik, lanjut Kapolres, jajarannya akan membangun sejumlah pos pelayanan. Baik di jalan utama, jalan alternatif maupun di sejumlah obyek wisata karena kerap terjadi kemacetan panjang. Polisi sudah menyiapkan berbagai upaya untuk mengatur kendaraan.

Aksi simpatik ini pun diapresiasi para pengguna jalan. Mereka awalnya takut dan mengira ada razia lalu lintas. “Bagus sekali dan aksi seperti ini bisa ditingkatkan,” kata Yudhistira, pengguna jalan.


Editor : Kastolani Marzuki