Satpol PP Temukan Makanan Kedaluwarsa dan Ikan Formalin di Pasar

Kuntadi ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 17:09 WIB
Satpol PP Temukan Makanan Kedaluwarsa dan Ikan Formalin di Pasar

Petugas Satpol PP mengecek dagangan di pasar yang diduga mengandung bahan-bahan berbahaya. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

KULONPROGO, iNews.id – Satpol PP Kulonprogo kembali menemukan makanan dan minuman kedaluwarsa yang dijual pedagang di pasar-pasar tradisional. Barang-barang tersebut langsung disita dan dimusnahkan petugas.

Pada operasi Selasa (14/5/2019), petugas menyasar Pasar Milir, Pasar Pengasih dan Pasar Sentolo Lama. Barang dagangan tersebut diteliti satu per satu.

"Kita temukan makanan yang sudah kedaluwarsa, ada sejak 2016 hingga 2018 lalu," kata penyidik Satpol PP, Kuncahyo, di sela kegiatan operasi tersebut, Selasa (14/5/2019).

BACA JUGA: Bebas Makanan Berbahaya, BPOM Bakal Jadikan Wates Pasar Percontohan

Beberapa barang dagangan ini sebagian terpaksa disita dan sebagian dikembalikan kepada pedagang untuk ditukarkan dengan yang baru.

Selain itu, petugas juga memusnahkan beberapa botol minuman berkarbonasi, lantaran pedagang tetap ingin membawa pulang. Selanjutnya minuman di dalam botol ini dibuang ke air selokan.

"Pedagang kami minta untuk membuat surat pernyataan untuk tidak menjual barang tersebut dan dimusnahkan," ujar dia.

BACA JUGA: Jelang Puasa, Harga Kebutuhan Pokok di Kulonprogo dan Gunungkidul Naik

Sementara itu pedagang pasar Milir, Romelan, mengaku tidak mempermasalahkan beberapa botol minuman kemasan yang dijual dimusnahkan oleh petugas.

Sementara di Pasar Sentolo, petugas menemukan beberapa makanan kedaluwarsa dan ikan berformalin. Ikan tersebut selanjutnya disita petugas.

"Kadar formalinnya sangat tinggi. Kami terpaksa sita untuk nanti dimusnahkan," ujar Staf Dinas Keluatan dan Perikanan Kulonprogo, Kambiah.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal