Sebulan Terakhir, Warga di Mertelu Gunung Kidul Tangkap 9 Ular Piton

Kuntadi ยท Jumat, 08 Februari 2019 - 11:45 WIB
Sebulan Terakhir, Warga di Mertelu Gunung Kidul Tangkap 9 Ular Piton

Ilustrasi warga menangkap ular piton. (Foto: iNews).

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Warga di Kabupaten Gunungkidul, DIY menangkap dua ekor ular piton yang ukurannya cukup besar. Dalam sebulan terakhir, warga sudah menangkap sembilan ekor ular yang kerap memangsa ternak warga.

Salah seorang warga, Wasiyo mengatakan dua ekor ular ini ditangkap warga di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari dengan panjang sekitar tiga meter. Beratnya masing-masing enam dan delapan kilogram.

"Awalnya, ada warga yang melintas di jalan. Tiba-tiba muncul satu ular tersebut, kemudian diburu oleh warga dan satu ekor lagi tertangkap tak jauh dari lokasi penangkapan ular pertama," kata Wasiyo di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul, DIY, Jumat (8/2/2019).

Menurut dia, dalam satu bulan terakhir warga sudah menangkap sembilan ekor ular sejenis. Ular piton dengan jenis sanca kembang ini, diyakini banyak hidup di sekitar hutan dekat desa mereka. Namun, karena mangsa mereka mulai menipis, satwa tersebut mengincar ternak milik warga.

Maraknya temuan ualr piton di Desa Mertelu membuat sejumlah warga resah. Apalagi ukuran ular ini cukup besar dan bisa mengancam keselamatan warga di sana, meski sampai sekarang belum ada korban jiwa.

"Sepertinya ular ini sudah kehabisan pakan, sehingga memangsa ternak warga," ujar dia.

Warga berharap pemerintah bisa memberikan pelatihan atau edukasi kepada warga. Salah satunya teknik dan cara menangkap ular agar tidak panik ketika muncul di dalam rumah warga.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal