Sediakan 3.000 Takjil, Kampung Ramadan Jogokariyan Selalu Ramai Pengunjung

Kuntadi ยท Senin, 13 Mei 2019 - 18:10 WIB
Sediakan 3.000 Takjil, Kampung Ramadan Jogokariyan Selalu Ramai Pengunjung

Kampung Ramadan Jogokariyan di Mantijeron, Kota Yogyakarta selalu ramai dipadati warga yang berburu makanan takjil. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Kampung Ramadan banyak bermunculan saat memasuki bulan puasa di Kota Yogyakarta. Salah satunya Kampung Ramadan Jogokariyan.

Di tempat ini, ada ratusan pedagang yang menawarkan ribuan jenis makanan. Tidak hanya itu, takmir Masjid Jogokariyan juga menyediakan ribuan takjil gratis.

Kampung Ramadan Jogokariyan ini terletak di Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Setiap sore, kampung ini dipenuhi wisatawan yang sengaja datang untuk berburu aneka kuliner. Tidak sedikit yang memang ingin berbuka di masjid sembari mendengarkan pengajian yang diagendakan oleh takmir masjid.

“Setiap hari kita sediakan 2.500 sampai 3.000 takjil berupa nasi dan lauk lengkap yang ingin berbuka di sini,” kata Panitia Kampung Ramadan Jogokariyan, Enggar Haryo, Senin (13/5/2019).  

BACA JUGA: Bubur Sayur Lodeh, Menu Wajib Berbuka Puasa di Masjid Kauman Bantul

Agar jamaah tidak bosan, setiap hari menunya selalu diganti. Mulai dari soto, nasi rames dengan beberapa lauk berupa ayam, telur ataupun ikan. Menu makan ini disiapkan oleh puluhan ibu-ibu. Tidak hanya dari warga sekitar, sejumlah donatur dari luar Jogokaryan banyak yang memberikan sedekah untuk berbuka puasa.  


Panitia juga menyediakan tempat untuk berjualan (stan). Tahun ini ada sekitar 350 stan yang disiapkan. Stan ini banyak dipakai warga sekitar untuk berjualan sebagai bagian pemberdayaan ekonomi.

Namun tidak sedikit pedagang dari luar juga berjualan di tempat ini. Tidak hanya menawarkan aneka jenis makanan dan minuman namun juga keperluan untuk salat dan Lebaran nanti.

“Ini sudah tahun ke-15 dan ini menjadi destinasi wisata yang banyak didatangi orang,” ucapnya.   

Warga Yogya, Mohammad Jafar Effendi, mengaku setiap tahun dirinya selalu datang ke Kampung Ramadan Jogokaiyan. Baginya, Kampung Ramadan ini cukup unik dan memiliki daya tarik tersendiri. “Setiap tahun saya ke sini, bahkan sampai beberapa kali,” ucapnya.   

 


Editor : Kastolani Marzuki