Sekali Kencan Rp3 juta, PSK Online di Yogya Libatkan Mahasiswi dan SPG

Kuntadi ยท Senin, 18 Maret 2019 - 17:19 WIB
Sekali Kencan Rp3 juta, PSK Online di Yogya Libatkan Mahasiswi dan SPG

Polda DIY menggelar konferensi pers terkait kasus prostitusi online yang melibatkan mahasiswi dan SPG di Mapolda DIY. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

SLEMAN, iNews.id – Penyidik Polda DIY menangkap dua muncikari berinisial CK (33) dan HP (25) yang diduga terlibat dalam jaringan prostitusi online.

Para angel (sebutan untuk PSK) berasal dari kalangan mahasiswa, sales promotion girls (SPG) hingga beberapa pekerjaan lain. Dalam sekali kencan, mereka mematok tarif sebesar Rp3 juta.

Kasubdit 5 Ditreskrimsus Polda DIY, AKBP Edi Sutanto mengatakan, tersangka CK ini memiliki sekitar 20 angel. Sedangkan HP memiliki 15 angel dan ada satu yang dalam kondisi hamil. Mereka ini sudah beroperasi sekitar dua tahun belakangan.

“Antara CK dan HP ini beda jaringan, tetapi keduanya sudah dua tahun menjalankan profesinya,” kata Edi di Mapolda DIY, Senin (18/3/2019).   

Para angel yang dikelola kedua muncikari itu, kata Edi, berasal dari beragam kalangan. Sebagian besar merupakan mahasiswa dan SPG, meski ada pekerja lain. Untuk kencan singkat atau short time, mereka mematok tarif Rp3 juta. “Muncikari ini dapat 30 persen dari setiap transaksi, dan selebihnya untuk para angel,” katanya.

BACA JUGA: Jadi Germo, Mahasiswi dan Ibu Hamil Tua Ditangkap Polda DIY

Akibat perbuatannya, kata Edi, tersangka CK akan dijerat Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 27 ayat (1) UU 19/2016 dan Pasal 296 KUHP. Sedangkan HP dijerat Pasal 45 (1) juncto Pasal 27, ditambah Pasal 2 ayat (1) UU 21/2007 tentang Perdagangan Orang, serta Pasal 30 juncto Pasal 4 ayat (2) UU 44/2008 tentang Pornografi.


Editor : Kastolani Marzuki