Serangan Ubur-Ubur di Pantai Selatan Gunungkidul, 85 Wisatawan Tersengat

Kismaya Wibowo ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 10:06 WIB
Serangan Ubur-Ubur di Pantai Selatan Gunungkidul, 85 Wisatawan Tersengat

Ubur-ubur yang mirip balon berwarna biru yang diamankan petugas SAR dari Pantai Selatan Gunungkidu. (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Puluhan wisatawan yang sedang menikmati libur lebaran di Pantai Selatan Gunungkidul, DIY, tersengat ubur-ubur. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga terkena sengatan saat berenang di pantai.

Data Sarsatlinmas Wilayah II Pantai Baron, hingga H+2 lebaran, sudah ada 85 wisatawan yang tersengat ubur-ubur ydi Pantai Selatan Gunungkidul. Mereka merintih kesakitan akibat sengatan yang menyebabkan kulit terasa perih dan panas.

“Awalnya terasa panas, lama-lama perih. Setelah dicek ternyata kena sengatan ubur-ubur,” ujar seorang wisatawan lokal Fadli Maktub, Jumat (7/6/2019).

Sarsatlinmas Wilayah II Pantai Baron Surisdiyanto mengatakan, serangan ubur-ubur ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Hal ini terjadi karena kondisi air laut dingin sehingga ubur-ubur cenderung mendekati kawasan bibir pantai.

“Kejadian ini sebenarnya tiap tahunnya terjadi. Kami juga sudah mengimbau pengunjung untuk mewaspadai ubu-ubur,” katanya.

Dia mengungkapkan, 85 korban serangan ubur-ubur ini terjadi di Pantai Selatan Gunungkidul dengan korban 35 orang, kemudian Pantai Drini dengan 24 korban, Pantai Krakal 15 orang, Pantai Kukup 7 orang dan Pantai Watu Kodok 4 orang.

Untuk mengurangi dampak sengatan ubur-ubur, petugas SAR mengoleskan alkohol dan juga salep terhadap bagian tubuh yang kena. Diprediksi serangan ini akan terus terjadi hingga pertengahan Juni mendatang.


Editor : Donald Karouw