Talud Ambrol Diterjang Hujan, Rumah yang Baru 2 Bulan Dibangun Rusak

Kismaya Wibowo ยท Rabu, 28 November 2018 - 13:05 WIB
Talud Ambrol Diterjang Hujan, Rumah yang Baru 2 Bulan Dibangun Rusak

Rumah warga rusak parah karena ditimpa talud yang ambrol di Gunungkidul, Yogyakarta, Rabu (28/11/2018). (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Diterjang hujan deras semalaman, tanggul rumah sepanjang 25 meter di Kabupaten Gunungkidul, DIY, ambrol dan menimpa bangunan rumah warga sekitar. Akibatnya, rumah yang baru dibangun dua bulan lalu rusak parah dan tidak dapat dihuni. Namun, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Dari pantauan iNews, kondisi rumah milik Kasto, warga Dusun Manggung, Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, rusak parah. Dinding rumahnya rata dengan tanah karena tanggul rumah tetangganya Edi Susanto ambrol, sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu (28/11/2018) tadi.

Kejadian tersebut berawal ketika hujan deras melanda kawasan tersebut sejak sore hingga dini hari. Tiba-tiba sekitar pukul 01.00 WIB tadi, terdengar suara talud yang ambrol. Warga yang mendengar suara itu langsung ke lokasi dan terkejut ketika melihat rumah milik Kasto yang rusak parah.

BACA JUGA:

Tanah Longsor Landa 9 Titik di Kulonprogo, 2 Rumah Warga Rusak

Banjir dan Longsor Terjang 8 Kecamatan di Pidie akibat Hujan Deras

Beruntung saat kejadian, Kasto dan keluarganya tidak di rumah sehingga tidak ada korban jiwa. Namun, akibat kejadian tersebut, rumah yang baru dia bangun selama dua bulan mengalami kerusakan parah. Ruang tidur serta kamar tamu tidak dapat lagi digunakan.

Kasto menjelaskan, rumah tersebut sedianya akan dia tempati bersama keluarganya karena selama ini mereka tinggal di rumah sang istri. Namun, setelah mengetahui rumah barunya rusak diterjang longsor, mereka berencana akan tinggal sementara ke rumah lamanya.

“Saya tidur di rumah satunya tadi malam, sebenarnya mau tidur di sini, tapi kok rasanya enggak enak. Ternyata rumah saya sudah hancur. Kalau dihitung-hitung kerugian saya ya besar,” kata Kasto.

Sementara itu, Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul yang mendapatkan laporan sudah turun ke lokasi. Tim melakukan pendataan awal untuk mengetahui seberapa kerusakan yang ditimbulkan longsor.

“Penyebab talud ambrol karena kemarin hujan deras. Kami memperkirakan jumlah kerugian pemilik rumah mencapai puluhan juta rupiah,” kata petugas tim reaksi cepat, Riyadi.


Editor : Maria Christina