Tampilan Baru, Kereta Prameks Yogyakarta - Solo Diseragamkan Berwarna Putih

Kuntadi ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:20 WIB
Tampilan Baru, Kereta Prameks Yogyakarta - Solo Diseragamkan Berwarna Putih

Tampilan kereta Prameks terbaru dengan warna putih. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

YOGYAKARTA, iNews.id - PT KAI Daops 6 Yogyakarta melakukan perbaikan sarana kereta Prambanan ekspress (Prameks). Kereta komuter yang melayani rute Yogyakarta - Solo - Kutoharjo ini akan punya tampilan baru nantinya.

Executive Vice Presiden PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Eko Purwanto mengatakan, empat rangkaian prameks yang dioperasionalkan selama ini tampil beraneka warna. Namun nantinya akan diseragamkan satu warna.

"Sekarang diseragamkan dengan warna putih," kata Eko kepada wartawan di Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta (DIY), Rabu (16/10/2019).

BACA JUGA: Tergusur Proyek Kereta Bandara YIA, Warga di Kulonprogo Minta Kompensasi Rp4 Juta per Meter

Perubahan warna ini, bukan dari tujuan utama yang hendak dicapai. Namun manajemen, kata dia, lebih mengedepankan aspek keandalan sarana, dan kenyamanan penumpang

Karena itulah, pihaknya perlahan-lahan akan melakukan perbaikan. Mulai dari tampilan eksterior seperti pengecatan, pengecekan komponen mesin hingga alat bantu lainnya yang jadi penunjang operasional kereta.

"Akhir tahun nanti semua KA lokal termasuk KA Prameks harus ber AC," ujar dia.

BACA JUGA: Kakek Tewas Disambar Kereta, Korban Diduga Bunuh Diri

Apalagi, kata dia, pengguna jasa KA Prameks meningkat cukup signifikan. Pada 2016 lalu jumlah penumpang sebanyak 2.973.891 orang, lalu naik jadi 3.650.144 (2017), dan terakhir 3.940.671 (2018).

Dengan empat armada KA Prameks, kata dia, banyak penumpang yang tidak mendapatkan tiket sehingga harus rela menggunakan KA terusan. Kereta komuter tersebut kini melayani 21 perjalanan pulang pergi.

"Untuk kenyamanan penumpang, kapasitas penumpang dibatasi 100 persen tempat duduk dan 50 persen berdiri," ujar Eko.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal