Terdampak Kabut Asap, Jadwal Penerbangan ke Bandara Adisutjipto dan YIA Tertunda

Kuntadi ยท Senin, 16 September 2019 - 15:15 WIB
Terdampak Kabut Asap, Jadwal Penerbangan ke Bandara Adisutjipto dan YIA Tertunda

Penumpang Bandara YIA. (Foto: Dok iNews).

KULONPROGO, iNews.id - Sejumlah jadwal penerbangan di bandara Yogyakarta terganggu akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Beberapa penerbangan menuju Kalimantan Timur (Kaltim) ditunda hingga esok hari lantaran jarak pandang terbatas.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, dampak kabut asap mulai dirasakan sejak dua hari lalu.

"Jadi ada beberapa penerbangan yang terdampak," kata Agus Pandu di Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (16/9/2019).

BACA JUGA: Jarak Pandang Hanya 100 Meter, Penerbangan di Sampit Terganggu akibat Kabut Asap

Menurut dia, dampak kabut asap ini memang menganggu penerbangan. Sejak dua hari ini Batik Air rute Palangkaraya dan Samarinda ke YIA menjadi tertunda. Sedangkan di Adisutjipto, penerbangan yang terganggu dari Pontianak ke Yogyakarta.

Misal saja, kata dia, penerbangan yang mestinya berangkat pada sore atau malam hari dari Bandara Adisutjipto dan YIA terpaksa ditunda hingga keesokan harinya.

BACA JUGA: Kabut Asap Makin Pekat, Aktivitas Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya Lumpuh Total

"Jadi pesawatnya delay, karena pesawat yang akan datang di-close," ujarnya.

Dampak ini tidak hanya dirasakan yang ada di Yogyakarta saja. Dia mengatakan, hampir di semua bandara ikut terkendala akibat kabut asap karhutla. Apalagi daerah-daerah yang memiliki destinasi wisata.

"Kalau seperti ini semuanya rugi, pengguna jasa juga," kata dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal