Terima 88 Mahasiswa Asing, Rektor UNY: Mereka Tidak Salah Pilih Kampus

Kuntadi ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 02:45 WIB
Terima 88 Mahasiswa Asing, Rektor UNY: Mereka Tidak Salah Pilih Kampus

Puluhan mahasiswa asing dari 30 negara pose bersama pada acara welcoming ceremony di Kampus UNY Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

SLEMAN, iNews.id – Sebanyak 88 orang mahasiswa dari berbagai negara tercatat sebagai mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tahun ajaran baru 2018 ini. Mereka berasal dari 30 negara yang mendapatkan beasiswa Darmasiswa, Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Selain itu, akan ada 10 mahasiswa asal Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia yang akan melaksanakan PPL Internasional selama dua bulan. “Tidak salah mereka memilih kuliah di UNY karena saat ini menduduki rangking 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” kata Rektor UNY Sutrisna Wibawa, dalam welcome ceremony mahasiswa internasional UNY 2018/2019.

Menurut Sutrisna, kedatangan para mahasiswa internasional di UNY sangat tepat. Kampus ini memiliki beberapa program studi unggulan. Apalagi belajar di Yogyakarta yang merupakan kota pelajar dan iklimnya sangat mendukung untuk menuntut ilmu.

Keberadaan mahasiswa ini, diharapkan mampu memperkuat multikultur pedidikan di UNY. Karena itu, mereka harus bisa saling menghargai dan bertoleransi. Selain itu, dapat belajar keragaman budaya Indonesia seperti tari atau seni. “Semoga mereka bisa belajar dan memperkuat multikultur di UNY,” kata Wakil Rektor IV UNY Senam.

BACA JUGA: Buka Pimnas ke-31 di UNY, Menristekdikti: Gagas Ide dan Realisasikan

Dia menyebutkan, puluhan mahasiswa internasional ini berasal dari empat benua, yaitu Asia 58 orang, Afrika 13 orang, Eropa 13 orang dan Amerika Latin 4 orang. Penerima Beasiswa UNY S-1 akan menempuh waktu 4 tahun, penerima beasiswa S-2 dan S-3 akan menjalaninya selama 2 tahun. Sedangkan penerima beasiswa KNB akan menjalani selama 3 tahun.

Penerima beasiswa Darmasiswa dan transfer kredit Yunan University akan berada di UNY selama 1 tahun dan transfer kredit dari GDFUS, University of Naples L’Orientale serta University of Munster Jerman akan tinggal selama 1 semester.

Beasiswa Darmasiswa adalah beasiswa dari BKPLN, sedangkan beasiswa KNB adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk melanjutkan program master di Indonesia yang sebelumnya mereka diberikan kursus bahasa dan budaya Indonesia. UNY juga memberikan beasiswa S-2 dan S-3 yang menanggung biaya SPP mahasiswa selama belajar di UNY.

Seorang mahasiswa internasional, Emanuel mengaku senang dapat belajar di UNY karena banyak terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang terstruktur. Mahasiswa S-2 dari Burundi tersebut mengaku banyak belajar tentang budaya Indonesia dan kekayaan ragamnya.


Editor : Kastolani Marzuki