Tol Bandara YIA Kulonprogo Diharapkan Bisa Terealisasi pada 2020

Kuntadi ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 01:00 WIB
Tol Bandara YIA Kulonprogo Diharapkan Bisa Terealisasi pada 2020

Anggota DPD melakukan rapat kerja dengan pengelola Bandara YIA di Kantor Perwakilan DPD Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Aksesbilitas dari dan menuju ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo masih menjadi kendala bagi calon penumpang. Hal itu terjadi karena lokasi bandara jauh dari pusat kota dan harus ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Yogyakarta.

Saat ini, akses termudah menuju bandara yang baru diresmikan pada Mei 2019 lalu itu melalui jalur kereta api di Stasiun Wojo, Purworejo dan naik shuttle bus dari Bandara Adisutjipto.

Anggota DPD asal DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas mengatakan, DIY butuh percepatan pembangunan mulai terminal bus, hingga askes jalan ke bandara dan jalur kereta api ke Bandara YIA di Kulonprogo. 

“Akses jalan tol dari Yogyakarta ke Kulonprogo agak rumit karena agak terlambat dari perencanaan pembangunan bandara,” kata GKR Hemas dalam rapat kerja dengan sejumlah instansi di Pemda DIY yang digelar di Kantor DPD Jalan Kusumanegara, Yogyakarta, Selasa (13/8/2019).

BACA JUGA: 3 Isu Besar Terpa Bandara YIA Kulonprogo, Salah Satunya Gempa Megathrust

Permaisuri Raja Keraton Yogyakarta ini mengatakan, akses yang ideal untuk menghubungkan Bandara YIA adalah dengan kereta api (KA). Saat ini, akses KA masih menggunakan Stasiun Wojo dan diteruskan dengan shuttle bus. Ke depan akan ada akses langsung ke terminal di bandara. “Harapan kita jalan tol bisa direalisasikan di 2020,” ucapnya.

Pelaksana tugas sementara (PTS) GM YIA PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama mengatakan, rencananya pada Oktober 2019 nanti akan ada sekitar 65 penerbangan di Adisutjipto yang akan dipindah ke Bandara YIA. “Saat ini saja sudah ada tujuh penerbangan yang ada dengan load faktor di atas 50 persen,” ucapnya.

Dengan pemindahan puluhan maskapai penerbangan itu, kata dia, tiap hari diperkirakan akan ada 10.000 penumpang yang masuk ke Bandara YIA. Sehingga butuh adanya akses transportasi yang memadai. Saat ini, selain jalur kereta api di Stasiun wojo, juga ada shuttle bus dari bandara Adisutjipto.

“Kita sudah siapkan tempat untuk stasiun agar akses transportasi ke Bandara YIA lebih mudah dijangkau,” kata Pandu.

General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta ini menjelaskan, anak perusahaan di bawah Angkasa Pura I juga sedang membangun sebuah hotel bintang tiga di area terminal dengan jumlah 70 kamar untuk memenuhi permintaan maskapai internasional. “Beberapa maskapai asing tertarik mendarat di YIA, mereka menanyakan adanya hotel berbintang dan rumah sakit internasional,” ujarnya.

 


Editor : Kastolani Marzuki