Trail Run 2018 di Gresik Ditargetkan Diikuti 2.000 Pelari

Kuntadi ยท Senin, 01 Oktober 2018 - 02:30 WIB
Trail Run 2018 di Gresik Ditargetkan Diikuti 2.000 Pelari

Panitia Trail Run 2018 pose bersama seusai pembekalan di Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

SLEMAN, iNews.id - PT Semen Indonesia akan menggelar Trail Run 2018 di kawasan pabrik mereka di Gresik, Jawa Timur pada 11 November 2018 mendatang. Mereka menargetkan 2.000 peserta mengikuti ajang tersbeut. Sejumlah pelari luar negeri siap ikut ambil bagian dalam lomba lari dengan kondisi medan yang menantang.

Kepla Biro Hubungan Media PT Semen Indonesia, Sigit Wahono mengatakan trail run yang akan dilaksanakan ini merupakan kali kedua. Sebelumnya pada 2016 juga pernah digelar acara serupa. Bedanya dulu mengambil jarak 10 kilometer dan hanya diikuti pelari Indonesia. Namun kali ini akan ada kelas barau 21 kilometer yang terbuka untuk pelari internasional.

"Tahun lalu, pelari asing banyak yang tertarik tetapi saat itu hanya skala nasional. Sekarang kita akomodir, dan sudah banyak yang menyatakan siap ikut," kata Sigit di sela-sela sosialisasi Trail Run di Hyatt Hotel, Yogyakarta, Minggu (30/9/2018).

Trail Run 2018 ini akan dilaksanakan di Gresik pada 11 November mendatang. Kejuaraan ini berbeda dengan lomba pada biasanya yang menggunakan lintasan jalan. Namun Trail Run 2018 juga akan melintasi kawasan pabrik yang berupa tanah. Bahkan ada tanjakan yang cukup menantang dan berat bagi yang tidak terbiasa. "Jadi ada yang lewat jalan, ada yang di bekas tambang dan operasional pabrik. Tetapi kita jamin kemanan dan keselamatan peserta," kata Sigit.

Bagi para pemenang, akan disediakan hadiah dan uang pembinaan hingga ratusan juta untuk berbagai kriteria. Namun tidak perlu khawtair bagi peserta yang ingin bersantai dan berolahraga. Sepanjang rute lari memiliki keindahan alam yang menarik yang cocok sebagai spot foto. Selain itu, akan disediakan pos kesehatan dan air minum. "Ada yang merupakan bekas tambang yang sudah direklamasi menjadi kawasan hijau," ujar Ketua Panitia Train Run 2018, Gemilang Andriyanti Roberto. 

Karena itu, kata Gemilang, kesiapan fisik harus betul-betul dipersiapkan para peserta. Untuk kelas 21 kilometer biaya pendaftaran Rp200.000 dan 10 kilometer Rp150.000. Dalam sosialisasi ini, juga dilaksanakan latihan persiapan fisik dan pemanasan dengan melibatkan instruktur yang sudah berpengalaman. "Kita ingin masyarakat tahu, di bekas lokasi tambang itu akan direklamasi dan hasilnya bisa nanti dilihat sendiri," tandasnya. 


Editor : Kastolani Marzuki