UNBK 2018 Jeblok, Bantul Targetkan Dapat Peringkat Ke-2 Tahun Ini

Kuntadi ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 16:07 WIB
UNBK 2018 Jeblok, Bantul Targetkan Dapat Peringkat Ke-2 Tahun Ini

Ilustrasi UNBK. (Foto: iNews).

BANTUL, iNews.id – Hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) para siswa-siswi tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta (DIY), jeblok pada 2018 lalu. Namun tahun ini, ditargetkan memperoleh hasil maksimal, yakni peringkat kedua di tingkat provinsi.

Kepala Balai Dikmen Bantul Dikpora DIY, Suhirman mengatakan, cara yang dilakukan dengan memaksimalkan pelaksanaan try out dan pendalaman materi soal.

"Target kita harus lebih baik, syukur bisa berada di peringkat dua," kata dia ketika dikonfirmasi wartawan di Kabupaten Bantul, DIY, Kamis (14/2/2019).

Sebelumnya, pada 2018 lalu UNBK SMK di Bantul menduduki peringkat keempat, sedangkan SMA peringkat kedua. Hasil ini dinilai kurang memuaskan, karena itu di tahun ini tak boleh sampai terulang.

Untuk meningkatkan prestasi ini, para siswa telah melakukan serangkaian upaya persiapan. Mulai dari meningkatkan ujian melalui try out maupun pendalaman materi ujian. Dengan langkah-langkah tersebut, dia meyakini, target tersebut dapat dicapai pada UNBK 2019.

"Memang nilai tinggi bukan penentu kelulusan, tetapi itu hal mutlak," ujar Suhirman.

Karena, sejumlah kampus dan perguruan tinggi mensyaratkan nilai agar para lulusan SMA/SMK ini bisa kuliah di tempat mereka. Melihat kondisi tersebut, sekolah dan para siswa harus lebih meningkatkan pembelajarannya.

Kemudian terkait kesiapan sarana prasarana, Suhirman mengaku ketersediaan komputer sudah cukup. Untuk itu setiap sekolah diminta untuk mengamankan sarana yang ada, begitu juga para siswa.

UNBK tingkat SMK akan berlangsung sejak 25 - 28 Maret 2019, sementara SMA/MA 1,2,4 dan 8 April 2019. Berdasarkan data jumlah peserta UNBK SMA/SMK di Kabupaten Bantul sebanyak 10.399 siswa.

"Jumlah SMA di Bantul sebanyak 36 sekolah dan SMK sebanyak 49 sekolah," kata dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal