Unriyo Wisuda 605 Lulusan Siap Kerja dan Kompeten, 3 di Antaranya Warga Negara Asing

Kuntadi ยท Rabu, 06 November 2019 - 17:46 WIB
Unriyo Wisuda 605 Lulusan Siap Kerja dan Kompeten, 3 di Antaranya Warga Negara Asing

Suasana Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) saat wisuda di Jogja Expo Center (JEC), Rabu (6/11/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id – Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) kembali mewisuda 605 sarjana dan diploma di Jogja Expo Center (JEC), Rabu (6/11/2019). Para lulusan telah dibekali dengan ilmu dan ketrampilan yang membuatnya tak hanya siap bekerja, namun memiliki kompetensi untuk siap bersaing menghadapi revolusi industri 4.0. Bahkan, tiga di antara lulusan merupakan mahasiswa asal luar negeri.

“Hari ini kami wisuda 605 lulusan baik sarjana, ahli madya diploma IV maupun diploma III,” ujar Rektor Unriyo Yogyakarta Prof Santoso saat memberikan sambutan dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Diploma dan Sarjana, Rabu (6/11/2019).

Kampus ini kata dia, telah menyiapkan lulusan siap menghadapi dunia kerja. Termasuk dalam memasuki persaingan era industri 4.0, yang membutuhkan keahlian dan penguasaan skill individu. Semua lulusan telah dibekali dengan ilmu dan ketrampilan, menjadikan mereka kompeten dalam menjalankan pekerjaan.

“Kami optimistis para lulusan akan terserap karena kami selalu siapkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi,” katanya.

BACA JUGA: UNS Wisuda 1.803 Mahasiswa, Rektor Ajak Para Lulusan Bergerak Cepat di Era Industri 4.0

Dalam proses pendidikan, kampus telah menyusun sistem kurikulum yang terarah. Ini juga didukung dengan tenaga dosen yang berkualitas.

“Semua prodi memiliki kurikulum nasional (kurnas) dan lokal. Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 juga disesuaikan. Semua nanti arahnya ke penguasaan IT yang bagus,” katanya.

Ketua Senat Unriyo Ariyanto Nugroho mengungkapkan, 605 lulusan ini terdiri atas 350 sarjana dari jenjang strata I (S1), 128 Diploma jenjang D IV dan 127 Diploma jenjang D III. Selain itu, sedikitnya 121 wisudawan menyandang predikat cumlaude, dengan tujuh di antaranya lulus dengan nilai IPK sempurna 4,0.

Beberapa wisudawan dinyatakan lulus tercepat dengan waktu 3 tahun 8 bulan. Dan ada 11 lulusan yang menjadi wisudawan terbaik pada masing-masing program studinya. Selain itu, Unriyo juga meluluskan tiga mahasiswa asing, satu dari Thailand dan dua lainnya asal Timor Leste.


Editor : Donald Karouw