Usai Diperiksa KPK, Wali Kota Yogyakarta: Pemeriksaan Hanya Beberapa Menit

Kuntadi ยท Jumat, 08 November 2019 - 21:45 WIB
Usai Diperiksa KPK, Wali Kota Yogyakarta: Pemeriksaan Hanya Beberapa Menit

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. (Foto: Dok iNews).

YOGYAKARTA, iNews.id - Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengaku telah dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan kasus suap proyek rehabilitasi saluran air hujan. Pemeriksaan dilakukan pada Selasa (5/11/2019) lalu di Kantor BPKP Sewon.

"Pemeriksaan singkat, hanya beberapa menit saja," kata Haryadi kepada wartawan di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (8/11/2019).

Menurut dia, pertanyaan penyidik hanya seputar klarifikasi terkait dugaan aliran dana dalam proyek SAH terhadap jaksa ES (Eka Safitra) yang merupakan tersangka dalam kasus ini.

BACA JUGA: Ada Jaksa Terjaring OTT KPK, Kajati DIY Minta Maaf kepada Sultan di Depan Forum

Dikatakannya, proyek saluran air hujan di kawasan Jalan Soeomo Umbulharjo ini, tidak begitu mendapatkan perhatian. Sebab proyek ini nilainya tidak begitu besar.

"Dari nilai anggarannya tidak membuat saya menaruh atensi besar terhadap proyek tersebut," ujar dia.

Selain itu, penyidik juga bertanya hubungan saya dengan jaksa ES. Dia mengaku tidak begitu mengenal tersangka. Bahkan, baru-baru ini mengetahuinya setelah ada dugaan kasus suap dalam proyek tersebut.

BACA JUGA: Jaksa ES Ditangkap KPK saat Izin Jenguk Anaknya yang Sakit di Solo

"Kita harus hormati proses hukumnya. Kalau klarifikasi sebagai penanggung jawab anggaran di saya. Ketika ditanya ada aliran dana ke Kejaksaan, saya jawab tidak ada" katanya.

Sebelumnya, KPK menangkap seorang jaksa dan dua aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Yogyakarta terkait dugaan suap proyek rehabilitasi saluran air hujan pada Senin (19/8/2019) sore.

ES merupakan jaksa di Kejaksaan Negeri Yogyakarta yang juga anggota Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).


Editor : Andi Mohammad Ikhbal