Ustaz Abdul Somad Ditolak di UGM, Takmir Masjid: Kami Tidak Membatalkan Acara Itu

Priyo Setyawan ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 21:00 WIB
Ustaz Abdul Somad Ditolak di UGM, Takmir Masjid: Kami Tidak Membatalkan Acara Itu

Ustaz Abdul Somad saat berziarah ke makam Sunan Kudus, di Kudus, Jateng. (Foto: istimewa/instagram)

YOGYAKARTA, iNews.id – Rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membatalkan izin Ustaz Abdul Somad (UAS) mengisi kuliah umum di Masjid Kampus yang sedianya digelar Sabtu (12/10/2019).

Meski demikian, pihak panitia atau takmir Masjid Kampus UGM menegaskan tidak membatalkan acara bertema Integritas Islam dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Fondasi Kemajuan Indonesia yang dihadiri UAS.

BACA JUGA: Ustaz Abdul Somad Tak Diizinkan Isi Kuliah Umum di UGM Yogyakarta, Ini Alasannya

Narahubung kegiatan, Aldy Pradhana mengatakan, pihak yang membatalkan kehadiran UAS adalah Rektorat UGM dengan mengirimkan surat ke UAS langsung.

“Intinya kami tidak membatalkan acara itu," kata Aldy Pradhana seperti dikutip SINDOnews, Rabu (9/10/2019).

Menurut Aldy, acara itu sebenarnya tidak berhubungan dengan masalah radikalisme. Sebab, ide besarnya yaitu untuk mengupas isu yang sedang digelorakan Masjid Kampus UGM, yakni paradigma profetik.

Kehadiran UAS untuk men-sounding-kan paradigma profetik tersebut. “Karena itu mengetahui UAS ke Yogya kami meminta untuk mengisi acara itu," katanya.

Diketahui, Masjid Kampus UGM rencananya menggelar kuliah umum bersama UAS dan Prof Heddy Shri Ahimsa Putra. Kuliah umum akan dilangsungkan di ruang utama Masjid Kampus UGM, Sabtu (12/10/2019) pukul 12.45 WIB hingga selesai.

Namun, Rabu (9/10/2019) pukul 08.30 WIB, panitia kuliah umum diundang UGM dan bertemu dengan Wakil Rektor (Warek) bidang PP dan Kamahasiswaan serta Warek bidang SDA.

BACA JUGA: Ustaz Abdul Somad Ziarah ke Makan Sunan Kudus usai Batal Ceramah di Ponpes Al Achsaniyyah

Dalam pertemuan terungkap Rektor UGM tidak mengizinkan UAS mengisi acara di Masjid Kampus UGM, sehingga meminta takmir masjid untuk membatalkan acara tersebut.

Namun takmir masjid enggan membatalkan karena forum itu adalah kajian yang bersifat akademis. Sebagai tindak lanjutnya, Rektorat UGM akan mengirim surat kepada UAS tentang pembatalan acara itu.


Editor : Kastolani Marzuki