Wisatawan yang Tenggelam di Parangtritis Ditemukan Tewas

Kuntadi ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 13:15 WIB
Wisatawan yang Tenggelam di Parangtritis Ditemukan Tewas

Ilustrasi korban tenggelam. (Foto: Okezone)

BANTUL, iNews.id - Jasad Rahmad Tri Prasetyo (20), warga Mojogedang, Karanganyar Jawa Tengah, yang tenggelam di Pantai Parangtritis, Yogyakarta, pada Minggu (6/1/2019) ditemukan mengambang di tengah laut di selatan pesisir Bantul, Selasa (8/1/2019) pagi ini. Sebelumnya Tim SAR bersama dengan relawan dan TNI/Polri telah melakukan penyisiran selama tiga hari.

Dantim SAR Gabungan dari Basarnas Yogyakarta, Maryadi, menjelaskan, sejak hari pertama tenggelam, Tim SAR bersama dengan relawan melakukan penyisiran. Bahkan Tim SAR gabungan juga menerjunkan dua unit jetsky dari Sar Linmas Wilayah 3 Parangtritis dan milik Polairud DIY. Satu unit perahu jukung juga dikerahkan untuk melakukan pencarian di tengah perairan Samudera Indobesia.

“Hingga akhirnya ada informasi dari nelayan yang melihat ada jasad manusia mengambang di tengah lautan. Dari informasi inilah diteruskan kepada tim SAR yang tengah melakukan penyisiran di tengah laut.  Begitu ditemukan jasad korban, langsung diangkat dan dibawa ke darat,” kata Maryadi, Selasa (8/1/2019).

Setelah dilakukan pengecekan dengan melihat ciri fisik korban, dipastikan jasad tersebut adalah Rahmat yang tenggelam hari Minggu lalu saat bermain air di Pantai Parangtritis.

“Saat itu ada empat warga dari Ngeblak, munggur Mojogedang, Karanganyar yang tengah liburan di Parangtritis yang terseret ombak. Namun tiga orang lainnya, yakni Malik Sadikin Nugroho (26), Saryono (20), Bambang Irawan (18) berhasil selamat,” ujarnya.

Mereka berhasil diselamatkan oleh Tim SAR menggunakan pelampung, papan surfing dan juga dengan perahu nelayan.

Sementara itu jasad Purwanto alias Gareng, nelayan Pantai Samas, Bantul yang hilang setelah perahunya terbalik dihantam ombak pada Minggu (6/1/2019) telah ditemukan terlebih dulu.

Jasadnya ditemukan di Pantai Bugel, Panjatan Kulonprogo oleh salah seorang nelayan pada Senin (7/1/2019) sore. Jasad warga Bugel, Panjatan, inipun langsung dibawa ke rumahnya yang tidak jauh dari lokasi. "Korban itu warga Bugel Panjatan, tetapi menjadi nelayan di Samas, Bantul," tutur kades Bugel, Sunardi.

Kapolsek Panjatan AKP Gunardi Tejamurti, mengatakan jasad korban langsung diserahkan kepada keluarganya setelah tim dokter melakukan pemeriksaan. Banyak saksi yang masih mengenali dan memastikan itu adalah Purwanto yang tenggelam saat hendak pulang usai mencari ikan. "Kami langsung serahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan” ujarnya.


Editor : Himas Puspito Putra