YIA Caring Day, 25 Disabilitas Jajal Layanan Bandara

Kuntadi ยท Jumat, 11 Oktober 2019 - 20:39 WIB
YIA Caring Day, 25 Disabilitas Jajal Layanan Bandara

Kegiatan Caring Day di Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (11/10/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Puluhan penyandang disabilitas yang ada di Yogyakarta mencoba layanan yang ada di terminal penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) dalam kegiatan YIA Caring Day, Jumat (11/10/2019). Ini merupakan salah satu upaya mewujudkan bandara YIA ramah bagi penyandang disabilitas.

Setidaknya ada sekitar 25 penyandang disabilitas yang ikut dalam kegiatan ini. Mereka terdiri dari penyandang tuna daksa, tuna rungu, tuna netra hingga down sindrome dan kerdil.

Para penyandang disabilitas yang didampingi tim dari Indonesia Caring mencoba seluruh fasilitas dan layanan yang ada. Mulai dari tempat parkir, terima kedatangan, pintu masuk, layanan ATM, check in, toilet khusus, layanan di ruang tunggu hingga pintu keberangkatan dan garbarata.

BACA JUGA: Tiba di Kulonprogo, Presiden Jokowi Langsung Tinjau Bandara YIA

“Hari ini sangat spesial, acara YAI Caring Day ini mengundang ragam disabilitas untuk mencoba akses layanan,” kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Managar Bandara YIA, Agus Pandu Purnama.

Menurutnya, sejak awal, bandara ini dikonsep lebih ramah disabilitas. Layanan yang ada sudah didesaian sedemikian rupa agar ramah bagi disabilitas. Kedatangan mereka ini untuk mencoba dan memberikan masukan atas layanan yang ada.

“Managemen juga tidak begitu paham dengan kebutuhan dari teman-teman disabiitas, maka kami butuh masukan dari teman-teman disabiitas, apalagi ragamnya sangat banyak,” kata pria yang juga menjadi GM Bandara Adisutjipto ini.

Dari terminal, sudah didesaian dibuat jalur khusus bagi disabilitas yang menggunakan kursi roda. Termasuk penyediaan sarana kursi roda di terminal penumpang yang bisa diakses hingga ruang toilet khusus dan sarana pendukung lain.

BACA JUGA: Tol Bandara YIA Kulonprogo Diharapkan Bisa Terealisasi pada 2020

Hanya saja apa yang disediakan ini perlu disempurnakan sebagai bentuk assessment dari disabilitas.

“Kita ingin YIA lebih ramah disabilitas dan menjadi bandara pertama yang ramah bagi disailitas,” katanya.

Sementara Koordinator Indonesia Caring, Meira Maryanti mengatakan ada sekitar 25 orang dari berbagai ragam disabilitas yang diajak untuk menjajal pelayanan di Bandara YIA. Mereka mengapresiasi langkah Angkasa Pura I dalam memfasilitasi penyandang disabilitas dan keterbukaannya terhadap siapapun, termasuk difabel.

Para disabiitas ini nantinya juga akan mencoba seluruh layanan yang ada ketika sudah mendekati masa full operation. Dimana, banyak sekali ragam disabilitas yang kebutuhannya berbeda.

“Kami berharap bisa mendukung bandara ini hingga bisa menjadi bandara pertama yang ramah terhadap semua ragam disabilitas,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah