Yogyakarta Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenpan RB

Kuntadi ยท Selasa, 27 November 2018 - 21:49 WIB
Yogyakarta Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenpan RB

Menteri PANRB Syafrudin saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam bidang pelayanan publik terbaik kategori Kabupaten/Kota. Selain itu, penghargaan juga diraih Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang dinilai berhasil menjadi pembina pelayanan publik dengan kategori sangat baik.

Dalam penilaian ini, setidaknya ada enam aspek yang dievaluasi dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Mulai dari kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, sistem konsultasi, dan pengaduan, serta inovasi. Pada tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya evaluasi pelayanan publik dilakukan secara online yang hasilnya diolah dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP).

Penghargaan ini diberikan langsung Menteri PANRB Syafruddin kepada Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Balai Kartini Jakarta, Selasa (27/11/2018).


BACA JUGA:

16 Tokoh Jawa Barat Terima Penghargaan IJTI

Kualitas Pelayanan Meningkat, Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2018 Naik


“Prestasi ini merupakan hasil kerja sama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan seluruh masyarakat Kota Yogyakarta,” ucap Poerwadi usai menerima apresiasi tersebut.

Dia mengungkapkan, kebersamaan pemerintah dan masyarakat mampu menciptakan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik. Hal inilah yang akhirnya mengantarkan Kota Yogyakarta meraih penghargaan tersebut.

“Apresiasi ini sekaligus menjadi tantangan bagi Pemkot Yogyakarta untuk selalu meningkatkan kualitas kinerjanya dan mempertahankannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menteri Syafrudin mengatakan, keputusan Yogyakarta sebagai penerima penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 176 Tahun 2018 tentang Penetapan Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik sebagai Lokasi Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2018.

Evaluasi pelayanan publik tahun 2018 ini dilakukan pada unit penyelenggara pelayanan publik di 34 provinsi dan 208 tingkat kabupaten/kota. Evaluasi telah dilakukan mulai sejak Mei sampai dengan Oktober 2018.


Editor : Donald Karouw