5 Orang Terkaya Dunia Kehilangan Rp960 Triliun dalam Seminggu, Terbesar Elon Musk

Suparjo Ramalan ยท Senin, 24 Januari 2022 - 10:04:00 WIB
5 Orang Terkaya Dunia Kehilangan Rp960 Triliun dalam Seminggu, Terbesar Elon Musk
5 orang terkaya dunia kehilangan Rp960 triliun dalam seminggu, terbesar Elon Musk.

NEW YORK, iNews.id - Sejumlah orang terkaya dunia mengalami pekan yang buruk minggu lalu setelah saham perusahaan mereka jatuh imbas Federal Reserve yang berencana menaikkan suku bunga. Elon Musk dan Jeff Bezos kehilangan puluhan miliar dolar AS sepanjang pekan lalu. 

Bank sentral AS berencana menaikkan suku bunga pada Maret 2022 mendatang untuk menghentikan laju inflasi. Hal itu menyebabkan penurunan terbesar di pasar saham sejak dimulainya pandemi Covid-19 pada Maret 2020. 

Dikutip dari News, analisis yang dilakukan Bloomberg menemukan lima orang terkaya di bidang teknologi secara kolektif kehilangan 67 miliar dolar AS atau Rp960 triliun selama seminggu. Elon Musk menjadi miliarder dengan kehilangan kekayaan terbesar minggu lalu. 

Kekayaan Musk sebagai orang paling tajir di dunia merosot karena anjloknya saham Tesla. Dia kehilangan 25 miliar dolar AS atau Rp358,25 triliun dari kekayaan bersihnya hanya dalam tujuh hari. Ini mewakili penurunan lebih dari 9 persen. 

Sedangkan pendiri Amazon, Jeff Bezos kehilangan 20 miliar dolar AS atau Rp286,6 triliun. Adapun pendiri Facebook Mark Zuckerberg kehilangan 10,4 miliar dolar AS atau Rp149 triliun, pendiri Google Larry Page kehilangan 7,6 miliar dolar AS atau Rp108,9 triliun dan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates kehilangan 4,3 miliar dolar AS atau Rp61,62 triliun. 

Mata uang kripto juga tidak luput dari koreksi besar. Investor kripto ketakutan setelah melihat pasar saham jatuh, sehingga memicu aksi jual massal yang panik dan mengakibatkan kerugian sebesar 1,4 triliun dolar AS di pasar kripto hanya dalam dua bulan sejak kapitalisasi pasar menyentuh 3 triliun dolar AS pada November tahun lalu. Changpeng Zhao, bos bursa kripto Binance, juga mengalami penurunan kekayaan sebesar 17,7 miliar dolar AS selama beberapa hari terakhir.

Terlepas dari kekayaannya ini, Musk masih sangat mendominasi daftar orang kaya global. Pada awal November tahun lalu, kekayaan Musk diperkirakan sebesar 306,4 miliar dolar AS.

Versi terbaru dari Bloomberg Billionaires Index menempatkan Musk dengan perkiraan kekayaan 243 miliar dolar AS. Sementara kekayaan Jeff Bezos tercatat senilai 168 miliar dolar AS.

Ini bukan pertama kalinya kekayaan Musk dihancurkan dalam beberapa bulan terakhir. Dia sebelumnya kehilangan 50 miliar dolar AS selama dua hari setelah tweet berisiko yang menarik perhatian negatif.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: