5 Tips Pertahankan Bisnis pada Tahun Pertama

Muhammad Aulia ยท Minggu, 05 Januari 2020 - 18:05 WIB
5 Tips Pertahankan Bisnis pada Tahun Pertama

Memang tak dapat dimungkiri, tidak ada yang namanya keberuntungan dalam bisnis. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Jika sedang merintis sebuah usaha, Anda kemungkinan akan dihadapkan pada berbagai cerita-cerita horor mengenai banyaknya bisnis rintisan yang berguguran dalam satu tahun pertama. Apabila mendengarkan cerita-cerita tersebut, Anda bisa langsung menyerah sebelum memulai. 

Memang tak dapat dimungkiri, tidak ada yang namanya keberuntungan dalam bisnis. Oleh karenanya, Anda harus berjuang keras dalam mempertahankan usaha yang baru dirintis. Untuk membantu Anda dalam berjuang, tulisan ini akan menyampaikan mengenai lima hal utama yang perlu diketahui oleh agar usaha rintisan dapat bertahan dalam satu tahun pertama. 

Tidak hanya selalu mengenai apa yang Anda ketahui, tetapi juga mengenai siapa yang dikenal

Penting hukumnya untuk membangun networking seluas-luasnya dalam satu tahun pertama berjalannya usaha Anda. Anda sendiri memiliki banyak opsi untuk memperluas networking, mulai dari mitra potensial, pelanggan, periklanan, hingga berbagai tokoh inspirasi yang dimiliki. Semakin banyak kenalan yang Anda miliki, semakin banyak pendukung yang di waktu sekarang ataupun mendatang akan menguntungkan bisnis. Oleh sebab itu, mulailah bangun networking secara bijak agar dapat memudahkan dalam mempertahankan usaha Anda di satu tahun pertama.

Manfaatkan seluruh opsi yang tersedia

Banyak pengusaha sukses yang terkenal sangat berhati-hati dalam mengelola bisnisnya. Berdasarkan hal tersebut, Anda yang saat ini sedang merintis usaha, harus mencari cara untuk dapat menghemat atau bahkan memotong pengeluaran sehingga tidak kehabisan modal. Pekerjakanlah orang-orang yang memang Anda sangat butuhkan. Pekerjakanlah para pekerja lepas untuk menyelesaikan tugas-tugas spesifik, dan jangan lupa mengeluarkan uang hanya untuk membeli keperluan yang dibutuhkan.

Ukur dan dorong perubahan

Strategi awal usaha yang Anda canangkan di awal dapat saja berubah ketika terpaksa untuk melakukan perubahan untuk menyelamatkan usaha. Oleh karenanya, Anda harus selalu bersikap adaptif dalam mengelola usaha rintisan.

Dalam menghadapi masalah, Anda harus dapat memetakan segala aspek dengan parameter serta strategi yang jelas. Tetap ambil sisi positif setiap menghadapi masalah, karena hal tersebut dapat memperkuat usaha Anda untuk waktu ke depannya.

Jangan ragu untuk meminta bantuan

Banyak survei mengungkapkan salah satu faktor utama yang mendorong orang-orang untuk merintis usaha adalah keinginan mereka untuk bisa menjadi bos usaha sendiri. Meskipun demikian, Anda jangan ragu untuk mengesampingkan ego sebagai bos untuk kemudian meminta tolong kepada orang lain jika dibutuhkan. Oleh karenanya, Anda harus memetakan sejak dini apa saja kekuatan dan kekurangan usaha rintisan. Dengan demikian bisa mengoptimalkan tugas mana saja yang bisa diselesaikan sendiri dan mana yang membutuhkan bantuan dari orang lain.

Pertahankan pola pikiran seperti kura-kura

Perlahan namun pasti memenangkan perlombaan. Salah untuk berpikir bahwa semakin cepat usaha Anda berkembang, semakin bagus hasil yang dicapai. Ada sekitar 2/3 dari usaha yang berkembang pesat namun pada akhirnya harus gagal dan akhirnya gulung tikar.

Mempercepat segalanya dalam mengelola usaha Anda dapat memiliki dampak negatif pada akhirnya. Oleh sebab itu, jangan terburu-buru dan selesaikanlah segala keperluan usaha Anda satu per satu untuk menghindari kesalahan-kesalahan fatal, supaya usaha dapat bertahan melewati tahun pertamanya.

Memang tak dapat dimungkiri, akan ada banyak jatuh bangun bagi usaha rintisan Anda di tahun pertama. Jadi cukup lumrah bagi Anda untuk merasakan kewalahan. Oleh karenanya, diharapkan lima tips ini dapat membantu dalam mengelola usaha Anda pada tahun pertama. 

Editor : Ranto Rajagukguk