5 Tips Simpan Uang agar Cepat Beli Rumah

Muhammad Aulia ยท Minggu, 26 Januari 2020 - 17:09 WIB
5 Tips Simpan Uang agar Cepat Beli Rumah

Ilustrasi menabung. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat saat ini semakin terdorong untuk membeli rumah sesegera mungkin. Hal ini karena cukup banyak bank yang bersedia memberikan pinjaman kepada masyarakat dan juga karena harga rumah yang terus-menerus menunjukkan kenaikan. 

Oleh sebab itu, tulisan ini akan menjelaskan mengenai lima tips apa saja yang dapat digunakan masyarakat dalam mengumpulkan uang untuk membeli rumah.

Menabung di awal, bayar kebutuhan hidup dan lainnya kemudian

Anda tidak dianjurkan untuk menabung dari sisa uang yang tersedia pada akhir bulan. Anda seharusnya dapat langsung menabung sejumlah uang segera setelah digaji. Lalu kemudian Anda dapat membayar kebutuhan bulanan dengan uang yang ada tanpa perlu berhutang. Anda cukup dianjurkan untuk menggunakan transfer otomatis, sehingga uang gajian dapat langsung dipisahkan ke rekening yang dimiliki lainnya untuk keperluan tabungan.

Jangan ragu untuk beralih ke transportasi yang lebih murah

Kendaraan adalah aset yang dapat terdepresiasi, yang bermakna nilai aset mereka akan terus menurun seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengalokasikan lebih banyak uang untuk membeli rumah daripada menggunakan mobil mahal yang dapat membebani keuangan dalam hal pajak, perawatan, dan lainnya.

Jual barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi

Saat ini, ada berbagai situs jual beli online yang dapat Anda manfaatkan untuk menjual barang-barang yang sudah tidak gunakan lagi seperti sepeda, peralatan olahraga, kamera lama, pakaian, perhiasan, dan lainnya. Anda hanya perlu mengikuti prosedur safe-sale yang situs online tersebut miliki. Pada akhirnya Anda akan memiliki pendapatan lebih untuk ditabung.

Bangun bisnis di tempat tinggal

Anda dianjurkan untuk mencari suatu pekerjaan yang dapat dilakukan di tempat tinggal saat ini. Hal ini agar Anda tidak perlu lagi menghabiskan uang transport untuk pergi ke tempat kerja. Jika Anda ahli dalam membuat kerajinan tangan, dapat membuka toko jual beli online dan menjual produk-produk di situs online tersebut. Perolehan keuntungan dari penjualan tersebut dapat memudahkan Anda dalam menabung untuk membeli rumah masa depan.

Memborong barang-barang keperluan dasar

Anda dianjurkan untuk membeli barang-barang seperti sabun cuci, pasta gigi, bumbu dapur, dan keperluan dasar lainnya dalam jumlah besar ketika saat sedang ada promo potongan harga. Nantinya, Anda dapat menyimpan barang-barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu jangka panjang. Hal ini dapat membantu Anda untuk berhemat, sehingga dapat memiliki cukup uang untuk ditabung.

Editor : Ranto Rajagukguk