7 Faktor yang Dapat Buat Anda Kaya Raya

Muhammad Aulia ยท Minggu, 26 Januari 2020 - 20:11 WIB
7 Faktor yang Dapat Buat Anda Kaya Raya

Beberapa orang percaya bahwa menjadi kaya raya adalah sebuah keberuntungan. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa orang percaya bahwa menjadi kaya raya adalah sebuah keberuntungan. Padahal, yang menjadi kunci sesungguhnya adalah kemampuan untuk menemukan peluang di hadapan dan bagaimana memaksimalkannya. 

Oleh sebab itu, tulisan ini akan menjelaskan tujuh faktor apa saja yang dapat membantu Anda menemukan dan memaksimalkan peluang yang didapatkan agar dapat menjadi kaya raya di masa depan.

Canangkan tujuan besar

Jack Ma memang gagal dalam tes masuk universitas, kurang ahli dalam matematika, dan teknologi. Namun, kekurangan tersebut tidak menyurutkan dia untuk berpikir besar dan ambisius. Segera setelah membentuk Alibaba, dia berkata pada jurnalis: “Kita tidak ingin menjadi nomor satu di China. Kita ingin menjadi nomor satu di seluruh dunia,” ujarnya.

Kemampuan untuk menjual

Keahlian untuk menjual juga menjadi salah satu faktor utama yang dapat membantu Anda menjadi kaya raya. Makna menjual sendiri tidak hanya sekadar memasarkan produk atau jasa, melainkan kemampuan untuk meyakinkan orang lain baik itu pejabat publik maupun masyarakat biasa. Membujuk pelamar kerja yang berkualitas untuk menerima kontrak kerja dari Anda, hingga melobi bankir-bankir untuk bekerja sama di bidang keuangan.

Menikmati saat melawan arus

George Soros dan Jim Rogers tercatat bersama-sama membentuk lembaga pendanaan bernama Quantum Fund. Dalam menjalankan lembaga tersebut, keduanya tidak segan untuk membeli saham-saham perusahaan yang sedang bermasalah. Contoh nyatanya adalah ketika Rogers membeli banyak saham dari perusahaan pesawat terbang Lockheed pada pertengahan 1970-an. Lockheed sendiri pada saat itu sedang mengalami berbagai masalah dan mendapatkan citra negatif dalam tiap liputan media massa. Namun, berkat analisis dan penilaian positifnya, saham Lockheed di kemudian hari mengalami kenaikan signifikan. Quantum Fund yang dikomandoi oleh Rogers dan Soros pun pada akhirnya berhasil memperoleh keuntungan hingga 4,200 persen.

Mampu mengatasi kegagalan

Banyak orang yang kini tergolong super kaya pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Namun, mereka tidak menyalahkan faktor eksternal seperti situasi di lapangan hingga orang lain. Mereka justru memilih untuk introspeksi diri.

Mereka memilih tidak mengeluh seperti telah menjadi korban situasi yang ada atau bahkan akal jahat dari kompetitor. Mereka lebih memilih untuk menanggung sendiri kesalahannya. Mereka juga tidak mengambil perkembangan negatif pasar sebagai alasan kegagalan mereka. Jika pasar sedang kurang bersahabat, mereka tidak segan menyalahkan diri sendiri karena telah salah menilai kemauan pasar.

Tetap fokus

Warren Buffet dan Bill Gates sama-sama setuju bahwa salah satu faktor yang membuat mereka menjadi kaya raya adalah tetap menjaga fokus ke satu tujuan utama. Buffet sendiri pernah mengungkapkan bahwa dirinya akan menjadi jutawan pada umur 35 tahun pada saat masih berusia 11 tahun. Dia pun terus fokus untuk membuktikkan prediksinya tersebut. Hingga umur 16 tahun, Buffet tercatat telah menabung sebanyak 5.000 dolar AS yang setara dengan 60.000 dolar AS untuk waktu sekarang. Prediksinya menjadi jutawan pun datang kepadanya lebih cepat, di mana Buffet berhasil mencatatkan sejuta dolar pertamanya pada usia 30 tahun.

Kemampuan untuk meraih kepercayaan orang lain

John D Rockefeller menjadi bukti nyata mengenai pentingnya kepercayaan dalam menjalankan bisnis. Kemampuannya untuk dapat memperoleh kepercayaan investor dan bank diakui Rockefeller adalah salah satu aset yang dia miliki. Adapun langkah yang dapat Anda lakukan untuk meraih kepercayaan orang adalah berperilaku hingga berpikir dengan cara-cara yang dapat meraih kepercayaan masyarakat luas.

Gigih dan memiliki kemauan untuk bereksperimen

Banyak buku-buku mengenai bisnis menekankan pentingnya kegigihan dalam menjalankan usaha. Namun, kegigihan saja tidak cukup untuk memperoleh kesuksesan. Kegigihan harus diiringi dengan kemauan untuk bereksperimen.

Jika ingin mencapai kesuksesan, Anda harus paham mengenai makna perubahan. Makna tersebut berarti Anda harus siap untuk melakukan perubahan dalam skala kecil maupun besar terhadap bisnis dalam satu momen tertentu. Tujuan utamanya tentu saja demi memperkuat kedudukan di pasar, dan untuk melakukannya Anda tidak boleh segan-segan untuk merevisi total target awal perusahaan dan beralih ke rencana baru.

Editor : Ranto Rajagukguk