ACC Fasilitasi Kerja Sama Ekonomi Digital ASEAN-China

Antara ยท Minggu, 04 Desember 2022 - 17:09:00 WIB
ACC Fasilitasi Kerja Sama Ekonomi Digital ASEAN-China
Duta Besar Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun (kiri) bersama Sekretaris Jenderal ASEAN-China Center (ACC) Shi Zhongjun di Wisma Duta KBRI Beijing. (Foto: Antara)

BEIJING, iNews.id - Sektor ekonomi digital ASEAN diperkirakan bakal meningkat menjadi 8,5 persen pada 2025. Angka tersebut melesat dari 1,3 persen pada 2015.

Terkait dengan itu, ASEAN-China Center (ACC) siap memfasilitasi kerja sama ASEAN-China khususnya di bidang ekonomi digital.

"Kami akan terus berperan aktif sebagai jembatan antara ASEAN dan China dalam meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi digital," kata Sekretaris Jenderal ACC, Shi Zhongjun, di Beijing, Minggu (4/12/2022).

Menurut dia, hal itu sesuai dengan yang diamanatkan Perdana Menteri China, Li Keqiang, bahwa pihaknya akan memberikan pelatihan kepada 1.000 tenaga profesional dari negara-negara anggota ASEAN di bidang ekonomi digital dalam tiga tahun ke depan.

Ia menyebutkan ekonomi digital China pada 2021 telah menghasilkan 7,1 triliun dolar AS atau menduduki peringkat kedua di bawah Amerika Serikat.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi, mengatakan ASEAN-China sudah memiliki Rencana Aksi Implementasi Kemitraan Ekonomi Digital selama 2021-2025. Rencana aksi tersebut diperkuat dengan implementasi Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP).

"Dengan demikian, kerja sama ekonomi digital antara China dan ASEAN akan mengantarkan mereka mendapatkan berbagai peluang baru pada masa mendatang," kata Shi.

Sebelumnya, ACC berhasil menggelar 2022 Sci-Tech Innovation and Digital Economy Training Programme dan Briefing on ASEAN-China Digital Cooperation.

Baru-baru ini ACC juga menggelar ASEAN-China Digital Economy Cooperation Dialogue, baik luring maupun daring yang dihadiri Sekjen ACC Shi Zhongjun, Deputi Sekjen ASEAN bidang Ekonomi Masyarakat Satvinder Singh, Duta Besar China untuk ASEAN Deng Xijun, Wakil Dubes Thailand untuk China Benjamin Sukanjanajtee, dan pejabat Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Myanmar Lei Lei Oo.

"Kerja sama ekonomi digital antara China dan ASEAN ini juga merupakan upaya pemulihan ekonomi bersama," kata Dubes China untuk ASEAN Deng Xijun.

ACC resmi dibentuk pada KTT ke-14 ASEAN-China di Bali pada 18 November 2011. Nota kesepahaman pembentukan organisasi yang berkantor pusat di Beijing, China, itu ditandatangani oleh negara-negara anggota ASEAN dan China. 

ACC merupakan organisasi antarpemerintah, informasi satu atap, dan pusat kegiatan untuk mendorong kerja sama ASEAN-China dalam bidang perdagangan, investasi, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata. 

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda