Ada Lonjakan Pengunjung pada 9 Juni, Ragunan Tingkatkan Pelayanan dan Keamanan

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 20:02 WIB
Ada Lonjakan Pengunjung pada 9 Juni, Ragunan Tingkatkan Pelayanan dan Keamanan

Taman Margasatwa Ragunan selama libur Lebaran tahun ini mengalami lonjakan pengunjung hampir tiga kali lipat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Taman Margasatwa Ragunan selama libur Lebaran tahun ini mengalami lonjakan pengunjung hampir tiga kali lipat. Namun, lonjakan ini akan mencapai titik puncak pada 9 Juni mendatang.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi TM Ragunan Ketut Widarsana mengatakan, pihaknya memprediksikan pada tanggal tersebut Ragunan akan dipadati oleh 150.000 pengunjung. Padahal, hari libur akhir pekan hanya di atas 40.000 pengunjung.

"Kita prediksi puncak di tanggal 9 hari Minggu, menurut perkirakan kita sekitar 150.000 pengunjung," ujarnya kepada iNews.id, Jakarta, Jumat (7/6/2019).

Perkiraan ini dengan melihat berakhirnya libur cuti bersama di mana pada 10 Juni mendatang sudah berakhir. Dengan demikian, hingga dua hari ke depan pengunjung di kebun binatang milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini terus bertambah setiap harinya.

"Melihat dari data sebelumnya seperti itu. Jadi bukan pas Lebarannya, pas Lebaran masih belum begitu tinggi," kata dia.

Menurut dia, hari terakhir libur kerja dan sekolah merupakan waktu terjadinya lonjakan pengunjung yang paling tinggi. Pasalnya, masyarakat yang mudik ke luar Jakarta mulai kembali ke Ibu Kota.

"Orang yang balik mudik ada kemungkinan mengunjungi ragunan. Biasanya pas terakhir liburan sekolah atau masuk kerja menghabiskan liburannya dengan berkunjung ke Ragunan," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan sisi pelayanan baik petugas maupun fasilitas fisik seperti menyediakan loket tambahan dan rambu-rambu petunjuk.

Dia melanjutkan, untuk mengantisipasi kemacetan akibat antrean pengunjung, pihaknya telah bekerja sama dengan instansi keamanan terkait. "Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian kita dibantu sampai ratusan personel di sini. Belum dari satpol PP, dinas perhubungan bantu kita kok," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk