Ada Pelatihan dan Sertifikasi, Pemerintah Dorong Industri Halal Indonesia Mendunia

Djairan ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 11:50:00 WIB
Ada Pelatihan dan Sertifikasi, Pemerintah Dorong Industri Halal Indonesia Mendunia
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk UMKM.(Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 menciptakan efek domino terhadap aspek kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, khususnya sektor informal atau UMKM. Akibat pandemi, omzet UMKM turun drastis, sehingga banyak yang mem-PHK pekerjanya.

Pemerintah menggulirkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar sektor UMKM dapat bertahan dan bangkit dalam menjalankan usahanya selama pandemi Covid-19. Salah satu mata anggarannya terdapat perihal “Dukungan UMKM”.

Kondisi pandemi secara tidak langsung juga mengakibatkan perubahan perilaku konsumen yang menjadi lebih senang bertransaksi secara online, antara lain untuk mengurangi penggunaan uang kertas yang rentan terkena bakteri, dan menjaga jarak dengan orang lain dengan membeli barang di e-commerce.

Selama ini, platform digital telah digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia. Dalam Report on Indonesia E-commerce dari Redseer, diproyeksikan adanya peningkatan transaksi e-grocery hingga 400 persen di 2020, sedangkan penjualan online produk kecantikan dan fesyen meningkat masing-masing 80 persen dan 40 persen dibanding tahun lalu.

Namun, pemanfaatan teknologi digital tidak dapat dilakukan begitu saja. Masih banyak UMKM yang belum mampu melakukan transaksi daring secara optimal karena terkendala masalah kualitas produk, kapasitas produksi, dan rendahnya literasi digital.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mendukung Peluncuran Program Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Produk Halal bagi UMKM.

"Pemerintah mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk menyebarluaskan program pemerintah, serta menyalurkan bantuan pemerintah dengan lebih cepat dan tepat sasaran," katanya, Selasa (20/10/2020).

Editor : Rahmat Fiansyah