Akhir 2019, LinkAja Targetkan Bisa Gaet 10 Juta Pengguna Aktif

Rully Ramli ยท Selasa, 09 April 2019 - 15:10 WIB
Akhir 2019, LinkAja Targetkan Bisa Gaet 10 Juta Pengguna Aktif

Platform pembayaran digital dari perusahaan pelat merah LinkAja berhasil menggaet 2,5 juta pengguna aktif. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.idPlatform pembayaran digital dari perusahaan pelat merah LinkAja berhasil menggaet 2,5 juta pengguna aktif. Namun, jumlah itu masih cukup rendah dari total pengguna yang terdaftar, yaitu sebesar 25 juta user.

"Sekarang ini total registered user 25 juta. Walaupun ini mungkin ada overlapnya. Kita lagi bersihkan," ujar Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo, di Mandiri Club, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Total nasabah tersebut didapatkan dari peleburan beberapa platform pembayaran digital milik beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Platform tersebut antara lain e-cash milik Bank Mandiri, hingga T-cash milik Telkomsel.

"Month active user-nya sekitar 2-2,5 juta. (Pengguna) bukan dari nol, kita combine dari yang existing," kata Tiko.

Pria kelahiran Surabaya itu menambahkan, LinkAja menargetkan adanya pertumbuhan pengguna aktif yang signifikan. Ditargetkan sampai dengan akhir 2019, pengguna aktif LinkAja dapat mencapai 10 juta pengguna.

"Harapan kita, kalau dari registered user sudah cukup banyak. Yang penting kita mau naikan sampai akhir tahun active user kalau bisa 5-10 juta," ucap pria yang akrab disapa Tiko ini.

Untuk mencapai target tersebut, salah satu strategi yang akan dilakukan adalah memperluas fitur penggunaan LinkAja. Tiko mengatakan, nantinya LinkAja dapat digunakan untuk pembayaran jasa, seperti tol dan transportasi umum, dan kereta komuter.

"Ini kita akan tambahkan fungsi-fungsi baru, seperti untuk tol, untuk kereta commuter. Harapannya dengan fitur-fitur, sampai akhir tahun month active user 5-10 juta," kata Tiko.

Sebagai informasi, aplikasi LinkAja baru saja diluncurkan secara resmi oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), PT PT Telkomunikasi Selular (Telkomsel), dan PT Pertamina (Persero) pada Minggu (3/3/2019).

Saat ini LinkAja yang dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana pembayaran digital berbasis uang elektronik. Ke depannya, aplikasi ini akan menggelontorkan berbagai bentuk promosi, untuk meningkatkan minat masyarakat, sekaligus merayakan HUT ke-21 Kementerian BUMN.

Dengan promo-promo ini, diharapkan mampu meningkatkan daya saing aplikasi pelat merah tersebut melawan layanan dompet digital lain yang sudah berada di pasaran saat ini.

Editor : Ranto Rajagukguk