Aktivis Greenpeace Duduki Kapal Sawit, Luhut: Enggak Civilized Caranya

Rully Ramli ยท Senin, 19 November 2018 - 22:34 WIB
Aktivis Greenpeace Duduki Kapal Sawit, Luhut: Enggak Civilized Caranya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menilai, tindakan aktivis Greenpeace yang menduduki kapal CPO milik Wilmar tidak beretika.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan geram dengan aksi enam aktivitas lingkungan itu di kapal Wilmar yang bersandar di Cadiz, Spanyol.

"Saya tidak setujulah cara-cara begitu. Enggak civilized-lah caranya," kata Luhut ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (19/11/2018).

BACA JUGA:

Duduki Kapal CPO Milik Wilmar di Spanyol, 6 Aktivis Greenpeace Ditahan

Sebelumnya, enam aktivis Greenpeace melakukan aksi damai menaiki kapal kargo pengangkut CPO milik Wilmar. Para aktivis tersebut akhirnya ditahan oleh kapten kapal.

Luhut mengatakan, aktivis lingkungan juga harus memahami bahwa industri CPO memiliki kontribusi terhadap perekonomian Indonesia, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan.

"Mereka tau enggak berapa juta orang yang bekerja di industri ini? 17,5 juta orang yang terlibat dalam industri palm oil ini," tuturnya.

Purnawirawan TNI itu mengatakan, 41 persen lahan sawit saat ini dimiliki oleh petani. Pemerintah juga terus mendorong agar produktivitas CPO di tingkat petani terus meningkat tanpa merusak lingkungan.

Selain itu, Luhut membantah tudingan Greenpeace bahwa perkebunan sawit merusak lingkungan. Dia menyebut, produk CPO Indonesia saat ini ramah lingkungan karena ada Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Proses peremajaan sawit (replanting) sawit juga terus dilakukan.


Editor : Rahmat Fiansyah