Aktivitas Industri Meningkat, Menperin: New Normal Sudah Tepat

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 14:29 WIB
Aktivitas Industri Meningkat, Menperin: New Normal Sudah Tepat

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Humas Kemenperin)

JAKARTA, iNews.id - Indeks Pembelian Manajer (IPM) Manufaktur Indonesia Juni 2020 naik menjadi 39,1. Meski belum menandakan aktivitas industri yang ekspansif, kenaikan itu menunjukkan tren pemulihan fase awal.

"Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam era new normal sudah on the track,” kata Agus Gumiwang, Menteri Perindustrian, Sabtu (4/7/2020).

Berdasarkan data yang dikeluarkan IHS Markit, indeks output masa depan, tolok ukur, dan sentimen bisnis melonjak ke angka 73 persen pada bulan keenam.

“Angka ini merupakan yang tertinggi selama lima bulan terakhir dan capaian ini menjadi bekal pemerintah untuk terus mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang dapat terus mendorong aktivitas sektor industri manufaktur pada era new normal,” ujarnya.

Menperin menekankan, angka pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020 dan kuartal IV-2020. “Periode tersebut sangat penting sehingga kita harus bisa mengantisipasi dengan baik, karena menentukan performa ekonomi nasional pada tahun 2021,” ujarnya.

Menperin mengatakan, sektor industri masih menjadi kontributor terbesar terhadap PDB nasional. Berdasarkan kuartal I-2020, kontribusinya mencapai 19,98 persen.

"Untuk mempertahankan kinerja sektor manufaktur, Kemenperin mendukung industri tetap beroperasi, dengan mengurus Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) serta mematuhi aturan protokol kesehatan,” ucapnya.

Hingga saat ini, Kemenperin telah mengeluarkan lebih dari 17 ribu IOMKI. Dengan izin beroperasinya sektor industri tersebut, sebanyak lima juta tenaga kerja dapat terus bekerja.

Editor : Rahmat Fiansyah