Akun Twitter Kemenkeu Diretas, Kirim Pesan Phising kepada Netizen

Rina Anggraeni ยท Senin, 22 Februari 2021 - 21:10:00 WIB
Akun Twitter Kemenkeu Diretas, Kirim Pesan Phising kepada Netizen
Akun Twitter resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab. (Foto: ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Akun Twitter resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Saat ini, akun tersebut tengah dipulihkan.

"Mohon maaf, saat ini akun Twitter @ KemenkeuRI sedang dalam penanganan dan pemulihan oleh pihak Twitter setelah sebelumnya mengalami peretasan," kata Juru Bicara Kemenkeu, Rahayu Puspasari, Senin (22/2/2021).

Berdasarkan pantauan iNews.id, akun Twitter Kemenkeu sempat berganti nama menjadi Support Team dari Twitter. Dalam bio-nya, akun yang diretas tersebut berkamuflasi menjadi akun resmi dukungan Twitter.

Akun itu mengirimkan pesan phising lewat Direct Message (DM) kepada sejumlah pengikutnya untuk meng-klik tautan dengan ancaman jika tidak meng-klik akan diblokir dalam 1x24 jam.

Puspa mengatakan, Kemenkeu tengah berkoordinasi dengan Twitter Indonesia agar akun itu dipulihkan. Dia meminta kepada pengikut Twitter Kemenkeu berhati-hati.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Temankeu diimbau untuk tidak meng-klik tautan yang dikirimkan oleh akun @KemenkeuRI yang dikirimkan melalui _Direct Message," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah