Amazon Ditolak, Jeff Bezos Janji Investasi Rp13,6 Triliun di India

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 18:00 WIB
Amazon Ditolak, Jeff Bezos Janji Investasi Rp13,6 Triliun di India

Founder & CEO Amazon, Jeff Bezos saat berkunjung ke India. (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Ekspansi Amazon di India menuai protes keras. Demi meredam sentimen negatif tersebut, perusahaan e-commerce asal AS itu berjanji akan berinvestasi 1 miliar dolar AS (Rp13,6 triliun) di Negeri Bollywood itu.

Dikutip dari Forbes, Kamis (16/1/2020), investasi itu akan digunakan untuk mendorong pelaku UKM di India berjualan secara online. Selain itu, Bezos juga berjanji mendorong UKM di India bisa mengekspor produknya senilai 10 miliar dolar AS pada 2025.

Sebelumnya, asosiasi pelaku UKM di negara itu menuding Amazon menerapkan praktik predatory pricing. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) India juga telah memulai penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran aturan persaingan sehat kepada Amazon di samping Flipkart yang dibekingi oleh Walmart, perusahaan ritel raksasa asal Amerika.

Penolakan terhadap kehadiran Amazonmembuat Bezos memilih pendekatan soft diplomacy untuk meredam amarah para pelaku UKM di India. Dia memutuskan untuk berkunjung selama dua hari ke negara tersebut.

Kunjungan itu mencakup ke Raj Ghat, monumen peringatan Mahatma Gandhi. Selain itu, Bezos juga bermain layangan dengan sejumlah remaja di India. Kegiatan itu diunggahnya lewat akun Instagram pribadinya.

"Saya memprediksi abad 21 akan menjadi abad-nya India. Di abad 21 ini, aliansi terpenting yang akan terjadi yaitu aliansi antara India dan Amerika Serikat yang merupakan negara demokrasi tertua sekaligus terbesar di dunia," kata Bezos.

Editor : Rahmat Fiansyah