AP I Sebut Pandemi Covid-19 Ubah Perilaku Penumpang di Bandara

Ichsan Amin ยท Sabtu, 29 Agustus 2020 - 21:10 WIB
AP I Sebut Pandemi Covid-19 Ubah Perilaku Penumpang di Bandara

Fasilitas sistem self check in di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 ternyata tak hanya membawa kabar buruk bagi dunia penerbangan. Kabar baiknya pandemi mendorong perilaku penumpang dalam beradaptasi digital di bandara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi mengatakan, pandemi Covid-19 memaksa semua pihak untuk melakukan apa yang tidak biasa dilakukan.

“Saya ambil contoh, self check in di bandara itu begitu minim yang memanfaatkan, sekarang lebih dari 50 persen penumpang di masa pandemi ingin memanfaatkan fasilitas self check in,” ujar Faik di Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Faik mengungkapkan, pandemi mendorong penumpang untuk bertindak efisien dengan memanfaatkan digitalisasi yang ditawarkan operator bandara. Contoh lainnya soal penggunaan teknologi tanpa sentuh (touchless) pada sejumlah fasilitas bandara.

Menurut Faik, saat ini menjadi momentum yang tepat bagi seluruh stakeholder bandara mempercepat digitalisasi layanan.

“Ini peluang transformasi, termasuk bagaimana memanfaatkan platform digital dengan pola barcode pada semua lini di bandar udara. Ini terus kita lakukan namun butuh kerja sama stakeholder terkait,” tuturnya.

Dia mengungkan, sejumlah hal masih menjadi keluhan bagi penumpang. Salah satunya soal panjangnya pengurusan dokumen yang dilengkapi rapid test. Sebanyak 30 persen penumpang bandara mengaku masih menemui antrean dalam kondisi normal.

“Kami juga berupaya mengantisipasi penumpukan penumpang di bandara, kalau bisa ada supervisi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan di bandara akan kami backup tapi ini masih butuh komunikasi lagi,” ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah