Aprindo: Penutupan Gerai Giant Tidak Ada Kaitannya dengan E-Commerce

Antara ยท Senin, 24 Juni 2019 - 15:47 WIB
Aprindo: Penutupan Gerai Giant Tidak Ada Kaitannya dengan E-Commerce

Konsumen berbelanja di Supermarket Giant Ekspres, Mampang Prapatan, Jakarta, Minggu (23/6/2019). Giant berencana menutup enam gerai di wilayah Jabodetabek yang akan dilakukan pada 28 Juli 2019. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menepis anggapan penutupan enam gerai Giant disebabkan maraknya transaksi online melalui e-commerce. Pasalnya, transaksi ritel secara online masih kecil.

"Penutupan gerai ini tidak ada kaitannya dengan transaksi online yang masih di bawah 10 persen dari total transaksi offline melalui toko fisik," kata Ketua Umum Aprindo, Roy Nicholas Mandey, Senin (24/6/2019).

BACA JUGA:

HERO Tutup 6 Gerai Giant, Aprindo: Enggak Bangkrut, Hanya Efisiensi

Roy mengaku, asosiasi hingga saat ini belum memperoleh keterangan resmi dari PT Hero Supermarket Tbk selaku operator Giant. Namun, menurut Roy, penutupan enam gerai Giant lebih karena alasan efisiensi supaya perusahaan bisa tetap menghidupi bisnisnya.

Roy mengatakan, enam gerai itu akan tutup dan direlokasi ke lokasi baru yang lebih strategis dan memiliki potensi pendapatan yang lebih baik daripada gerai yang saat ini hendak ditutup.

Wakil Presiden Komisaris PT Matahari Putra Prima Tbk itu menambahkan, penutupan gerai Giant mungkin juga ada kaitannya dengan pergeseran perilaku konsumen yang sebelumnya kerap berbelanja bahan pangan di supermarket dan memasak di rumah menjadi lebih memilih untuk berkulinar.

"Adanya penurunan transaksi pangan, baik makanan dan minuman, akibat bergesernya perilaku konsumen. Konsumen lebih memilih kuliner di luar rumah sebagai gaya hidup masyarakat global," kata Roy.

Enam supermarket Giant dikabarkan tutup pada 28 Juli 2019. Keenam gerai tersebut yakni Giant Ekspress Cinere Mall, Giant Ekspress Mampang, Giant Ekspres Pondok Timur, Giant Ekstra Wisma Asri, Giant Ekstra Jatimakmur, dan Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur.


Editor : Rahmat Fiansyah