Bagasi Gratis Dicabut, Konsumen Bisa Tinggalkan Maskapai LCC

Rully Ramli ยท Minggu, 13 Januari 2019 - 23:03 WIB
Bagasi Gratis Dicabut, Konsumen Bisa Tinggalkan Maskapai LCC

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Lion Air Group dan Citilink akan mencabut bagasi gratis untuk para penumpangnya. Kebijakan tersebut berpotensi membuat penumpang meninggalkan dua maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) itu.

Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengingatkan maskapai yang tidak lagi menggratiskan bagasi cuma-cuma untuk berhati-hati menerapkan tarif bagasi berbayar. Pasalnya, penerapan biaya tersebut bisa membuat tarif tiket pesawat maskapai LCC mendekati full service airline (FSA).

"Apabila biaya bagasi terlalu mahal sehingga harga tiket dan paket bagasi 20kg mendekati atau melampaui harga tiket full service, penumpang akan cenderung pindah ke airline full service," kata Alvin kepada iNews.id, Minggu (13/1/2019).

BACA JUGA:

Bagasi Pesawat Tak Lagi Gratis, Menhub: Upaya Maskapai untuk Survive

Maskapai Cabut Bagasi Gratis, YLKI: Kenaikan Tarif Pesawat Terselubung

Lion Air Group sebelumnya tidak mengenakan tarif bagasi 20 kilogram (kg) untuk Lion Air dan 15 kg untuk Wings Air. Sementara untuk Citilink menggratiskan bagasi hingga 20 kg untuk penerbangan domestik.

Alvin menilai, konsumen maskapai LCC sangat sensitif terhadap harga, sehingga perubahan harga akan berdampak pada keputusan untuk memilih maskapai. Apalagi, kata dia, maskapai LCC hanya menjual tiket penerbangan saja. Hal tersebut berbeda dengan maskapai FSA yang memberikan fasilitas tambahan.

Meski begitu, Alvin menilai keputusan maskapai mencabut bagasi gratis tidak melanggar hukum. Pasalnya, hal itu sudah diatur dalam pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 185 tahun 2015.


Editor : Rahmat Fiansyah