Bank Mandiri, Pertamina dan Telkom Bentuk Fintech Sistem Pembayaran

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Senin, 07 Januari 2019 - 22:19 WIB
Bank Mandiri, Pertamina dan Telkom Bentuk Fintech Sistem Pembayaran

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) akan membuat satu financial technology (fintech) baru berupa sistem pembayaran berbasis QR Code. Pembentukan fintech ini Mandiri akan menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) (Telkom) dan PT Pertamina (Persero).

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini ketiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut sedang mengkaji hal ini. Rencananya, sistem pembayaran ini akan bisa dioperasionalkan pada semester I-2019.

"Sistem pembayaran berbasis QR, itu sudah kita sepakati dan kita juga akan matangkan hal tersebut," ujarnya di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, sistem pembayaran ini nantinya bisa untuk pembayaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina. Sebab, sistem pembayaran ini bekerja menjadi satu platform.

"Insya Allah gabunglah Pertamina Telkom, karena mereka juga butuh sistem pembayaran. Disamain semua supaya efisien, nama belum ada sesegera mungkin, kuartal I insya Allah," ucapnya.

Kendati demikian, Rohan belum dapat memastikan apakah kerja sama ini akan membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV). "Itu nanti dari Himbara atau Kementerian, itu link semua Himbara tergabung dalam linknya. Kerja sama dalam sistem pembayaran jadi satu platform," tuturnya.

Sebelumnya, hingga saat ini standarisasi QR Code masih dimatangkan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Pasalnya, Bank Indonesia selaku regulator telah menunjuk ASPI untuk menjadi lembaga standard QR Code nasional.


Editor : Ranto Rajagukguk