Belajar Bikin Bakpau Sehari, Wahyu Kini Kantongi Omzet Rp45 Juta Sebulan

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 25 Januari 2022 - 13:31:00 WIB
Belajar Bikin Bakpau Sehari, Wahyu Kini Kantongi Omzet Rp45 Juta Sebulan
Belajar bikin bakpau sehari, Wahyu kini kantongi omzet Rp45 juta sebulan. Foto: YouTube Indorasa 28

JAKARTA, iNews.id - Pria bernama Wahyu mengantongi omzet sekitar Rp45 juta atau lebih setiap bulannya dari berjualan bakpau. Dia memulai bisnis dengan nama Bakpau Pandan dari modal belajar sehari dan 1 kompor di rumahnya. 

Warga Semarang, Jawa Tengah ini sebelumnya berjualan mi ayam, namun pandemi Covid-19 membuat dagangannya berantakan. Akhirnya, dia banting setir berjualan bakpau. 

"Awal jual mi ayam tapi karena ada Corona (dagangan jadi) agak kacau. Karena adik saya jual bakpau, saya belajar. Saya belajar sehari sudah bisa," kata dia dikutip dari YouTube Indorasa 28, Selasa (25/1/2022). 

Pada awal menjajal bisnis ini, Wahyu mengaku menggunakan peralatan yang dimilikinya di rumah. Pasalnya, saat itu dia tidak memiliki modal banyak. 

"Modal awal cuma manfaatin (alat) di rumah, kompor 1, dandang beli 1, tepung. Dimanfaatin dulu yang ada karena belum ada modal. Setelah itu, bertahap tambah kompor, dandang dan lainnya," ujar dia. 

Selama tiga bulan pertama, dia memproduksi bakpau di rumahnya. Setelah produksinya semakin banyak, akhirnya dia pindah ke rumah toko (ruko) di Jalan Untung Suropati, Semarang Barat, Jawa Tengah.

Di ruko tersebut, selain untuk produksi, juga untuk berjualan. Ada empat rasa bakpau yang dijualnya, yakni cokelat, cokelat kacang, stroberi, dan blueberi dengan harga Rp1.500. 

Per hari, dia bisa menggunakan tepung sekitar 28-36 kilogram (kg) untuk membuat bakpau. Satu kg tepung bisa jadi sekitar 50-55 bakpau, sehingga sehari bisa memproduksi sekitar 1.400-1.980 bakpau.

Adapun omzet dari jualan bakpau ini sekitar Rp1-1,5 juta per hari. Dengan begitu omzetnya sebulan sekitar Rp30 sampai Rp45 juta. 

"Kadang omzetnya bisa lebih (dari Rp45 juta)," ucap Wahyu. 

Setelah setahun menekuni bisnis bakpau, Wahyu kini memiliki lima karyawan dan lima reseller. Ke depan, dia menargetkan akan membuka stand, menambah karyawan dan reseller untuk mengembangkan bisnisnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: