Beroperasi, Tol Krian-Manyar Gratis Selama Dua Pekan

Antara ยท Minggu, 29 November 2020 - 07:50:00 WIB
Beroperasi, Tol Krian-Manyar Gratis Selama Dua Pekan
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kiri) bersama Direktur Utama PT Waskita Bumi Wira, Herwidiakto (kanan) di Gerbang Tol Cireme Ruas Krian-Manyar, Sabtu (28/11/2020). (Foto: Ant)

GRESIK, iNews.id - Jalan Tol Krian-Manyar sepanjang 38,39 kilometer resmi beroperasi. Jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Sidoarjo dan Gresik tersebut masih gratis selama uji coba.

"Masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol ini tanpa membayar selama dua pekan ke depan," ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gresik, Sabtu (28/11/2020).

Ruas tol yang dioperasikan itu terdiri atas tiga seksi yakni Seksi 1 (9,77 km) menghubungkan Gerbang Tol (GT) Lebani Gresik (Krian) menuju GT Belahanrejo.

Kemudian, Seksi 2 (13,2 km) menghubungkan GT Belahanrejo menuju GT Cerme, serta Seksi 3 (6,02 km) yang menghubungkan GT Cerme menuju GT Bunder Gresik.

Khofifah melakukan tapping perdana kartu tol elektronik di GT Cerme didampingi Direktur Utama PT Waskita Bumi Wira (WBW) Herwidiakto, Kepala BPJT Danang Parikesit beserta beberapa Kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim beserta rombongan juga mengecek kondisi Jalan Tol KLBM mulai dari GT Cerme hingga Pintu Tol Legundi, lalu putar balik menuju ke Pintu Tol Bunder Gresik.

"Nanti di Kilometer 13 akan disiapkan rest area yang format desain-nya cukup unik. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat besar bagi seluruh layanan publik," ucap Khofifah.

Menurut dia, tol ini menjadi solusi efektif bagi konektivitas di Jatim, khususnya ring satu industri di Jatim yang meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Pasuruan.

Tol ini, kata Khofifah, akan berkelanjutan sampai Manyar-Tuban dan menjadi konektivitas di antara titik-titik strategis di Jatim, terutama di sentra-sentra industri yang butuh percepatan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Direktur Utama PT WBW Herwidiakto mengatakan setelah dua pekan uji coba, rencananya biaya tol akan dikenakan sekitar Rp29.000 untuk jarak tempuh 29 km.

"Itu secara teknikal pasti lebih murah dari operasional kendaraan logistik. Baik dari sisi waktu, bahan bakar dan dan penggunaan mesin," tuturnya.

Untuk saat ini, jalan tol ini belum terkoneksi dengan jalan tol Sumo (Surabaya-Mojokerto) dan Kebomas yang sampai dengan sekarang masih dalam proses konstruksi.

Editor : Rahmat Fiansyah